Qlue kini bisa dipakai untuk laporkan penyalahgunaan narkoba

Oleh: Hieronimus Patardo - Jumat, 24 Jul 2020 13:27 WIB

Bukan sekadar menjadi kanal pelaporan konsep smart city, aplikasi Qlue juga dapat digunakan untuk melaporkan adanya penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

Source: Qlue

Selain sebagai sarana pengaduan untuk konsep smart city, aplikasi Qlue juga dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya, seperti memberantas penyalahgunaan narkoba. Hal ini dilakukan berkat kerja sama dengan Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan. 

Untuk diketahui, kolaborasi ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 2017. Qlue menyebut ini merupakan contoh nyata kolaborasi antara pemanfaatan teknologi, penegak hukum dan partisipasi masyarakat. 

“Kolaborasi antara Qlue dan Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan merupakan misi sosial kami terhadap bangsa dan negara ini. Kami mendukung sepenuhnya upaya penegak hukum dalam memberantas penyalahgunaan narkoba, sesuai dengan misi kami yaitu mengakselerasi perubahan positif di dunia, dimulai dari Indonesia,” kata Founder dan CEO Qlue Rama Raditya

Lantas bagaimana cara kerjanya?

Rama mengatakan Polda Metro Jakarta Selatan bisa menganalisis daerah mana saja yang memiliki angka penyalahgunaan narkoba yang tinggi melalui data yang masuk melalui QlueApp. Berdasarkan data tersebut, petugas dapat membuat rencana jangka pendek atau jangka panjang berbasis data, misalnya alokasi petugas di lapangan atau petugas yang melakukan patroli.