Makna di balik peningkatan Microsoft Teams yang saingi Zoom

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 10 Apr 2020 13:54 WIB

Microsoft Teams mencapai rekor 2.7 miliar menit meeting dalam satu hari yang menandakan peningkatan hingga 200%. Perusahaan mengungkapkan makna di balik angka-angka tersebut.

Source: Xevos

Sejak masyarakat hampir di penjuru dunia melakukan karantina terkait virus corona (Covid-19), layanan aplikasi video telekonferensi menjadi populer. Zoom, Slack, dan Microsoft 365 (Microsoft Teams) penggunanya melonjak tajam. Microsoft mengatakan, layanan Teams-nya mencapai rekor 2.7 miliar menit meeting dalam satu hari. Itu menandakan peningkatan hingga 200% yang signifikan dari 900 juta menit di pertengahan bulan Maret.

Di samping itu, Microsoft merilis laporan Work Trend Index yang menunjukkan makna di balik angka-angka tersebut dan bagaimana keinginan untuk saling terhubung secara online mengubah cara orang bekerja, hidup, dan lainnya.

Terhubung melalui obrolan video

Berdasarkan statistik baru Microsoft, orang-orang mencari koneksi dengan orang lain melalui video. Perusahaan mengatakan, orang menggunakan video meeting di Teams dua kali lebih banyak dari sebelum adanya pandemi Covid-29. Total panggilan video di Team meningkat hingga 1.000%.

Menurut Microsoft, fitur-fitur yang ada di Teams membantu pengguna menggunakan aplikasi videot telekonferensi lebih mudah. Sebut saja fitur blur background atau fitur pengedap suara bising.