Kini penjual Lazada tak perlu bayar ongkir ke JNE

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 14 Agst 2018 14:23 WIB

Para penjual atau seller di Lazada kini tak perlu lagi memikirkan pembayaran ongkos kirim ketika mengirimkan barangnya kepada konsumen

(Foto: Lely Maulida/Tek.id)

Para penjual atau seller di Lazada kini tak perlu lagi memikirkan pembayaran ongkos kirim ketika mengirimkan barangnya kepada konsumen. E-commerce yang kini dimiliki Alibaba itu bekerjasama dengan JNE menghadirkan fasilitas cashless untuk memangkas cara manual.

Dengan kerjasama ini, kini seller Lazada tak perlu menyiapkan uang tunai untuk membayar ongkos kirim (ongkir), yang kemudian di-reimburse oleh Lazada. Sebagai gantinya, ongkir akan secara langsung dibayarkan Lazada kepada JNE melalui sistem yang lebih ringkas. Dengan begitu, hal ini akan memangkas proses pengiriman barang yang sebelumnya dilakukan secara manual.

"Pengiriman menjadi tantangan besar di Indonesia. Kami ingin memberikan inovasi yang nyata ke market. JNE Cashless akan memberikan kemudahan bagi seller dalam mengembangkan bisnisnya," kata Alessandro Piscini, CEO Lazada Indonesia dalam pengumuman kerjasama Lazada dengan JNE.

Sebelumnya seller harus memasukkan resi pembayaran ongkir secara manual untuk mengonfirmasi melalui Lazada Service Center. Namun dengan JNE Cashless, seller hanya perlu memilih layanan JNE Cashless, mencetak label pengiriman seperti biasa serta langsung mengganti status menjadi "Siap Kirim". Selanjutnya seller perlu mengantarkan barang ke JNE seperti biasanya.

JNE Cashless sendiri saat ini tersedia di 500 agen JNE yang tersebar di seluruh Jakarta. Namun kedepannya layanan ini akan diperluas ke beberapa kota meliputi Medan, Makassar, dan Bali. Dalam waktu dekat, JNE Cashless juga akan tersedia di agen-agen di Cilegon, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Surabaya.