2019 Jack Ma siap pensiun dari Alibaba

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 19 Sep 2018 10:51 WIB

Pendiri Alibaba Jack Ma telah mengumumkan akan pensiun dari perusahaan. Kendati begitu, Ma masih akan menjadi Chairman Alibaba.

(Foto: CNBC)

Pendiri Alibaba Jack Ma telah mengumumkan akan pensiun dari perusahaan. Kendati begitu, Ma masih akan menjadi Chairman Alibaba selama 12 bulan mendatang, hingga 10 September 2019. Dia juga menegaskan bahwa keputusan itu bukan hal yang tiba-tiba, melainkan sudah direncanakan.

Awal tahun 2015 ketika Alibaba mengakuisisi saham Yahoo China, Jack Ma telah menyadari bahwa dirinya akan meninggalkan perusahaan suatu saat nanti. Ma mengenang hal itu dalam acara Alibaba bersama investor di Hangzhou.

"Alibaba bertujuan untuk berkiprah dalam bisnis selama 102 tahun, tetapi tidak ada yang akan mampu menjadi CEO selama itu. Oleh karenanya perusahaan membutuhkan sistem warisan, tim yang kuat, model untuk menjalankan bisnis," kata Ma.

"Ini bukan keputusan yang tiba-tiba, tetapi keputusan yang disengaja yang telah saya persiapkan selama 10 tahun," ujarnya.

Dalam acara yang sama, Ma juga membantah rumor yang menyebut dirinya mengundurkan diri karena masalah kesehatan atau tekanan dari pemerintah. Jack Ma merupakan salah satu dari dua raksasa teknologi China yang bersaing ketat dengan Tencent.