FCC setujui metode pengisian nirkabel berjarak 1 meter

Oleh: Dommara Hadi S - Rabu, 27 Des 2017 18:39 WIB

Tahun depan akan muncul metode pengisian nirkabel baru.

Mengisi daya pada gadget Anda akan lebih mudah dan nyaman jika bisa dilakukan tanpa kabel. Meski begitu, teknologi pengisian daya nirkabel yang umumnya memanfaatkan WiFi, saat ini masih sebatas meletakan gadget pada docking atau konektor khusus.

Tahun depan ada kemajuan dari metode pengisian daya. Mengutip Engadget, Federal Communications Commision (FCC), sudah menyetujui peranti nirkabel pertama yang dapat bekerja hingga jarak 3 kaki atau kurang lebih 1 meter.

Energous yang merupakan perusahaan rintisan yang berbasis di San Jose, Amerika, baru-baru ini berhasil mendapat sertifikasi FCC dengan pengisian nirkabel menggunakan pemancar WattUp Mid Field. Pemancar ini bekerja dengan mengubah listrik menjadi frekuensi radio, kemudian mengirimkan energi pada perangkat yang dilengkapi komponen penerima.

Temuan ini jelas berbeda dengan apa yang ditawarkan metode nirkabel saat ini. Metode saat ini masih menggunakan metode induksi resonansi, ala Belkin dan Mophie, yang masih membutuhkan kontak antar perangkat.