Cara mudah kembalikan file yang sudah terhapus di Windows 10

Oleh: Tek ID - Rabu, 23 Sep 2020 11:59 WIB

Ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan data yang terhapus di komputer Anda. Jadi Anda tidak perlu panik dan ikuti tips berikut ini.

Kita pastinya pernah menghadapi situasi dimana kehilangan file atau folder yang tak sengaja terhapus, terutama bagi pengguna PC atau laptop. Tidak perlu khawatir. Sebenarnya, file-file tersebut masih berada di komputer Anda, hanya saja berupa data yang tidak bisa Anda lihat.

Ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang hilang tergantung dari bagaimana file atau folder tersebut terhapus. Jika file atau folder yang berisi dokumen, foto, video, dihapus menggunakan tombol Delete, Anda bisa menemukan file atau folder tersebut pada Recycle Bin.

Caranya Anda hanya perlu membuka Recycle Bin, pilih file atau folder yang ingin dipakai kembali, kemudian pilih menu ‘Restore the selected items’. File atau folder tersebut sekarang bisa ditemukan pada Desktop Anda.

Hanya saja, proses untuk mendapatkan file atau folder yang terhapus dari Recycle Bin atau dihapus menggunakan menu Shift + Delete akan berbeda. Disini Anda tidak bisa lagi mengandalkan menu yang ada pada Recycle Bin. Pada kasus ini Anda bisa mengandalkan file backup jika Anda memilikinya, jika tidak Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi EaseUS Data Recovery.

Editor