Router yang cocok untuk rumah dua lantai

Oleh: Erlanmart - Jumat, 17 Agst 2018 08:00 WIB

D-Link DIR-842 adalah router terbaru yang dibalut dengan desain minimalis lengkapi dengan empat antena. Saya menguji router ini di kantor berlantai 4

D-Link menghadirkan router terbaru mereka dalam wujud DIR-842. Perangkat jaringan ini dilengkapi dengan taburan fitur seperti MU-MINO, AC1200, Gigabit Ethernet dan sebagainya. Aneka fitur tersebut tentu saja guna memberikan pengalaman konektivitas nirkabel yang lebih optimal.

Desain

Router DIR-842 hadir dengan bodi bermaterial plastik. Pemilihan bahan tersebut menjadikan seluruh bodinya terasa ringan ketika saya angkat. Selain bodi, antena pada router tersebut juga memiliki bahan plastik. Berbicara tentang antena, DIR-842 memiliki empat unit antena yang mana dua terletak di bagian belakang, dan dua lainnya terletak di sisi samping.

Anda dapat mengatur arah keempat antena tersebut yang bertujuan untuk memancarkan sinyal agar perangkat penerima (contoh: smartphone/laptop) memiliki koneksi optimal. Berbicara pengaturan antena, Anda dapat menggerakkannya 180 derajat ke kiri atau kanan; dan 90 derajat ke arah depan atau belakang. Menurut pengalaman, antena tersebut tidak perlu diarahkan untuk memiliki koneksi yang stabil.

Beralih ke bagian belakang, D-Link melengkapi router DIR-842 dengan empat port LAN serta satu port Internet yang berjajar rapih. Khusus port Internet, D-Link melengkapinya dengan warna kuning demi kemudahan pemasangan.

Selain kumpulan port tersebut, bagian belakang juga tersisipkan tombol WPS dan tombol daya. Tidak ada simbol atau tanda apapun pada tombol daya untuk menginformasikan bagaimana posisi tombol ketika sedang aktif atau mati. Saya hanya mengetahuinya jika tombol daya berbentuk pendek, itu berarti router dalam keadaan aktif. Berbicara tentang aktif, router ini hadir dengan adapter daya yang dihubungkan di port bagian belakang.