D-Link DCS-936L, kamera IP ringkas dengan kamera wide

D-Link menawarkan kamera IP dengan wujud ringkas, namun membawa kamera wide dan media penyimpanan

Kamera IP belakangan ini menjadi sangat populer di masyarakat. Selain lebih ringkas dibanding kamera CCTV, kamera IP juga lebih murah. Fiturnya pun tergolong oke untuk dijadikan kamera pengawas. Beberwa waktu lalu, saya menguji kamera IP D-Link DCS-936L. Seperti apa kemampuannya? Simak ulasan ini:

Desain


berita tentang tek.id

BACA JUGA

D-Link punya sensor pencegah kebanjiran

Router yang cocok untuk rumah dua lantai

D-Link DWR-921, buat kamu yang enggak suka putus lama-lama


D-Link DCS-936L memiliki desain yang cukup unik. Bentuknya seperti tabung dengan engsel untuk membuka kamera pada posisi yang diinginkan. D-Link menambahkan kelir hitam di seluruh bodi.

Selain engsel yang memisahkan dudukan dan bagian kamera, D-Link juga memberikan mekanisme putar pada kameranya hingga 360 derajat. Hal ini memudahkan pengguna menempatkannya di mana saja tanpa terkendala sudut ruangan.

Kamera mungil ini juga mendukung pemasangan pada dinding atau langit-langit dengan menggunakan baut yang sudah disiapkan dalam paket penjualan.

Tombol dan Koneksi

Kamera ini memiliki dua buah port saja, salah satunya adalah port microUSB terletak tepat di balik kamera. Port inilah yang menjadi tempat masuknya daya pada kamera. Port lain adalah microSD yang diletakkan pada sisi kamera untuk kebutuhan perekaman video.

Di belakang kamera, Anda bisa menemukan beberapa tombol yang terdiri-dari tombol WPS dan Power, sedangkan tombol reset didesain agak dalam agar tidak mudah tertekan.

Performa

Kamera IP kali ini tidak mendukung pergerakan kamera melalui aplikasi maupun via website, namun D-Link DCS-936L dibekali dengan lensa bertipe wide dengan sudut cakupan yang luas dan kemampuan 4x digital zoom. Ia mampu menampilkan sudut hingga 120 derajat, sehingga memudahkan melihat seisi ruang keluarga Anda.

D-Link juga masih membekalinya dengan sensor gerakan dan suara. Dengan kata lain, kamera ini ideal ketika Anda menjadikannya sebagai kamera pengawas. Terlebih lagi, ia juga sudah dibekali dengan mode infrared berjarak 5 meter.

Anda memiliki pilihan ketika sensor mendeteksi gerakan atau suara. Pertama, notifikasi yang akan langsung dikirimkan ke smartphone Anda. Selanjutnya, Anda memiliki pilihan dengan merekam kejadian ketika sensor mendeteksi gerakan atau suara. Hasil perekaman akan langsung disimpan dalam microSD dan bisa ditonton melalui aplikasi pada ponsel Anda.

Menurut Kami

Meski tak mendukung pergerakan motorik, D-Link membekalinya dengan kamera yang tergolong baik. Ia mampu menampilkan kualitas tampilan bertaraf HD dengan cakupan yang cukup luas.

Kamera ini bisa dijadikan kamera pengawas dengan dukungan sensor gerak dan suara yang bisa optimal digunakan pada siang maupun malam berkat dukungan sensor infrared. Belum lagi, kamera mungil ini mendukung slot microSD untuk penyimpanan hasil perekaman video.

Porses instalasinya tergolong mudah dan cepat. Sayangnya, pengaturan hanya bisa dilakukan melalui aplikasi mydlink saja.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: