Aplikasi PeduliLindungi, makin optimal kalau ramai-ramai

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 18 Apr 2020 16:19 WIB

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dapat melacak sebaran virus corona (Covid-19) menggunakan bluetooth yang mengandalkan partisipasi pengguna dan data kelurahan setempat.

Source: Tek.id

Aplikasi besutan Kemenkominfo dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, PeduliLindungi dapat melacak sebaran virus corona (Covid-19). Pengguna sudah bisa mengunduhnya, baik di Play Store maupun App Store.

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling berbagi data lokasi saat bepergian. Dengan melacak bluetooth pada smartphone pengguna yang sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi, pertukaran ID anonim akan terjadi dan direkam oleh masing-masing gadget tersebut. Selanjutnya, aplikasi dapat mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) atau ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Sejauh ini, PeduliLindungi telah diunduh oleh 1.915.874 pengguna. Untuk merasakan fungsi dari aplikasi tersebut, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu atau dalam aplikasi ini, “Jadi Partisipan.” Masukkan nama serta nomor telepon aktif untuk menjadi partisipan. Seperti biasa, nomor OTP akan terkirim ke nomor telepon yang Anda masukkan.