Belajar dari film Awake untuk hadapi pandemi

Oleh: Zulfikar Hardiansyah - Sabtu, 03 Jul 2021 12:53 WIB

Dalam film Awake dikisahkan tidak semua manusia terjangkit penyakit tidak bisa tidur. Terdapat beberapa manusia dengan gen khusus sehingga mampu tidur.

Awake merupakan film garapan Mark Raso yang ditayangkan di Netflix dengan durasi 96 menit. Film dengan genre Sci-Fi Thriller ini memiliki latar permasalahan dunia yang sedang dilanda pandemi dimana orang-orang tidak bisa tidur. Dalam film digambarkan seluruh umat manusia sedang mengalami kehilangan kemampuan untuk tidur.

Film ini secara garis besar menceritakan tentang perjuangan sebuah keluarga yang beranggotakan 3 orang, dimana sang ibu bernama Jill Adam (Gina Rodriguez) dengan dua orang anaknya, Matilda (Ariana Greenblat), dan Noah (Lucius Hoyos) dalam menghadapi pandemi tak bisa tidur.

Latar permasalahan pandemi yang sedang melanda dunia sudah ditampilkan di awal dengan penuh ketegangan. Layaknya manusia yang tidak bisa tidur, kemampuan kognitif seseorang juga akan menurun saat tidak tidur dalam waktu yang cukup lama. Orang-orang itu kemudian mulai terdampak pandemi, seperti kepanikan, tidak dapat berpikir jernih, dan halusinasi. Ini tentu akan mengancaman kehidupan manusia apabila tidak segera diatasi. Sementara itu, para ilmuwan ditampilkan sedang mencari cara untuk mengatasi pandemi tidak bisa tidur.

Dalam film Awake dikisahkan tidak semua manusia terjangkit penyakit tidak bisa tidur. Terdapat beberapa manusia yang memiliki gen khusus sehingga masih memiliki kemampuan untuk tidur. Dan para ilmuwan tengah mencari manusia dengan gen khusus tersebut, untuk dipelajari dan dibuat menjadi semacam vaksin. Manusia yang memiliki gen khusus tersebut, salah satunya adalah Matilda. Kondisi Matilda ini mulai diketahui banyak orang dan para ilmuwan ingin memboyongnya untuk dijadikan bahan penelitian.