×
Kanal
    • partner tek.id realme
    • partner tek.id samsung
    • partner tek.id acer
    • partner tek.id wd
    • partner tek.id wd
    • partner tek.id wd
    • partner tek.id wd

Zebra dan Salesforce Hadirkan POS Berbasis Cloud di Android, Ubah Cara Toko Melayani Pelanggan

Oleh: Tek ID - Senin, 03 November 2025 14:45

Zebra dan Salesforce luncurkan solusi POS berbasis cloud di Android untuk efisiensi operasional dan pengalaman belanja lebih cerdas.

Zebra dan Salesforce Hadirkan POS Berbasis Cloud di Android Ilustrasi penerapan teknologi di industri retail. Dok. Salesforce

Industri ritel global tengah memasuki fase baru transformasi digital. Di tengah kebutuhan akan efisiensi dan pengalaman pelanggan yang semakin personal, Zebra Technologies dan Salesforce meluncurkan solusi Retail Cloud Point of Sale (POS) berbasis Android, yang diklaim akan mengubah cara toko beroperasi dan melayani pelanggan di era digital.

Solusi gabungan ini diumumkan dalam acara Dreamforce 2025, menandai babak baru bagi dunia ritel yang menggabungkan kekuatan kecerdasan buatan (AI), cloud computing, dan perangkat mobile cerdas. 

Retail Cloud POS menjadi jawaban atas tantangan klasik di sektor ini, seperti kehilangan potensi penjualan, lambatnya pelatihan staf, serta penghitungan inventaris yang sering tidak akurat.

“Kerjasama terbaru kami dengan Salesforce menandai babak baru yang menarik dalam inovasi retail. Peluncuran Retail Cloud POS hanyalah permulaan dari berbagai hal yang akan kami capai bersama,” ujar Joe White, Chief Product & Solutions Officer Zebra Technologies.

Melalui integrasi mobile computer seri TC5 dan EM45 dari Zebra yang berbasis Android dengan platform cloud Salesforce, solusi ini memungkinkan tim di lini depan mengakses data real-time berbasis lokasi. 

Artinya, staf toko dapat bekerja lebih efisien, mulai dari melacak stok, membantu pelanggan, hingga memproses transaksi secara cepat dan akurat.

Senior Vice President & General Manager Salesforce Commerce and Retail Cloud Nitin Mangtani mengatakan, kolaborasi ini menciptakan pengalaman belanja yang lebih mulus dan membantu perusahaan menarik pembeli baru

“Dalam era perdagangan berbasis agentic AI, kami menggabungkan Retail Cloud POS dari Salesforce, perangkat Zebra, dan sistem operasi Android untuk membekali staf toko dengan tools cerdas berbasis AI,” jelas Nitin Mangtani.

Dengan kemampuan adaptif dan pengelolaan berbasis cloud, Retail Cloud POS memberikan kemudahan pengambilan keputusan secara cepat dan presisi, terutama di pasar yang dinamis. 

Perusahaan dapat menyesuaikan harga, promosi, hingga pengaturan stok dalam waktu nyata.

Sebagai bagian dari ekosistem global, solusi ini juga didukung oleh Google Android Enterprise, yang memastikan keamanan dan kemudahan penerapan di lapangan.

“Kerja sama kami dengan Zebra membuka berbagai use case baru di titik pertemuan antara teknologi mobile, AI, dan cloud,” ujar Sean Ginevan, Head of Global Technology Partnerships Android Enterprise Google.

“Solusi ini memudahkan penerapan dan pengelolaan yang aman, sekaligus memberikan insight yang dibutuhkan perusahaan untuk hasil terbaik,” imbuhnya.

Menurut studi Zebra bertajuk Impact of Intelligent Operations yang dilakukan bersama Oxford Economics, digitalisasi sistem ritel dapat meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 21% dan profitabilitas sebesar 1,8 poin persentase. 

Hasil ini menunjukkan bagaimana otomatisasi dan data real-time dapat mendorong efisiensi di tingkat operasional.

Kolaborasi dengan Salesforce juga memperkuat rencana ekspansi global Zebra, terutama setelah akuisisi Elo, yang memperluas portofolio teknologi sentuh dan perangkat interaktif mereka.

×
back to top