sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Jumat, 23 Feb 2018 08:53 WIB

YouTuber rekam akselerasi truk listrik Tesla Semi

Ketika berakselerasi, truk Tesla Semi tersebut mengeluarkan asap pada bagian bannya yang berarti memiliki tarikan tinggi

YouTuber rekam akselerasi truk listrik Tesla Semi
Tesla Semi (Tesla)

Meski berukuran besar, truk listrik Tesla Semi tetap mengutamakan tarikan. Merujuk dari Mashable (23/1), seorang YouTuber bernama Richard Fielder merekam sebuah truk yang berjalan di di area perumahan. Ketika berakselerasi, truk Tesla Semi tersebut mengeluarkan asap pada bagian bannya yang berarti memiliki tarikan tinggi.

Pada situsnya, truk Semi tersebut dikatakan dapat “menghadirkan tenaga dan akselerasi maksimum serta hanya membutuhkan sedikit biaya energi per mill”. Truk ini mampu melaju dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam durasi 20 detik, meski sedang mengangkut muatan penuh.

Tesla Semi merupakan kendaraan dengan bobot lebih dari 16 ton. Truk elektrik ini bisa capai kecepatan dari 0 ke 96 km/jam hanya dalam waktu 5 detik. Dengan beban maksimal 40 ton, tarikan dari 0-98 km/jam bisa dicapai dalam 20 detik. Soal tanjakan, Tesla mengklaim truk Semi ini bisa menanjak di kecepatan 104 km/jam.

Tesla Semi bisa menempuh jarak 804 kilometer dengan beban maksimalnya. Ini jauh dari perkiraan beberapa beberapa media bahwa jarak tempuh Tesla Semi hanya 482 kilometer. Di lain sisi, bila tangki tenaga listriknya penuh, Tesla Semi bisa membawa Anda hingga jarak sejauh 1.500 kilometer. Tesla juga mengklaim mampu menyaingi responsivitas dan handling truk bertenaga diesel konvensional.

Sebagai truk bertenaga listrik, Tesla Semi bisa membawa kita hingga 643 kilometer hanya dalam pengisian ulang selama 30 menit. Vox (16/11) menyebutkan, ini menghemat biaya operasional menjadi 20 persen ketimbang truk diesel. Tesla Semi juga membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dibanding truk diesel.

Baterai Tesla Semi sendiri berkonsep modular atau bisa dilepas pasang. Untuk menunjang operasionalnya, Tesla berencana untuk membangun stasiun pengisian listrik yang mereka sebut Megachargers secara global.

Share
×
tekid
back to top