sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Rabu, 15 Nov 2023 21:06 WIB

WhatsApp berencana ubah cara penyimpanan backup data ke Google Drive

WhatsApp dilaporkan berencana untuk mengubah cara penyimpanan backup data dari server internal ke Google Drive.

WhatsApp berencana ubah cara penyimpanan backup data ke Google Drive

Pada Desember 2023, Google dan WhatsApp telah mengumumkan bahwa penyimpanan cadangan obrolan dan media WhatsApp di perangkat Android akan dimasukkan ke dalam batasan penyimpanan cloud akun Google.

Penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang disediakan oleh setiap Akun Google telah diumumkan, dinyatakan secara tegas oleh perusahaan sebagai "3X lebih besar daripada sebagian besar platform seluler" saat digunakan pada iOS dan iCloud. 

Namun, Google juga menegaskan bahwa "pengalaman pencadangan WhatsApp di Android akan sejalan dengan cara kerjanya di platform lain." Ini merupakan kebalikan dari tahun 2018 saat cadangan WhatsApp tidak lagi menggunakan penyimpanan di Google Drive.

Selain itu perubahan ini akan diperkenalkan mulai bulan depan bagi pengguna WhatsApp Beta, dan rencananya akan diperkenalkan secara bertahap kepada seluruh pengguna WhatsApp Android pada paruh pertama tahun 2024.

Pengguna bisa melihat pemberitahuan di bagian Pengaturan WhatsApp > Obrolan > Cadangan obrolan "30 hari sebelum perubahan ini berlaku."

Google juga menyediakan alat manajemen penyimpanan untuk melakukan penghapusan massal foto dan file besar dengan cepat sejak perubahan kebijakan pencadangan Google Foto. Rekomendasi lain adalah menghapus item dari WhatsApp, yang dapat membantu mengurangi penggunaan penyimpanan pada pencadangan WhatsApp Anda selanjutnya.

Perubahan ini mulai diberlakukan pada bulan Desember dan akan berdampak pada Akun Google pribadi penggunanya, jika pengguna telah menggunakan Google Workspace melalui lembaga atau sekolah, kuota penyimpanan Anda tidak terpengaruh oleh perubahan ini.

Share
×
tekid
back to top