sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Sabtu, 08 Apr 2023 09:36 WIB

Tutorial jago Excel dengan bantuan ChatGPT

Di antara semua hal lain yang dapat dilakukan, ChatGPT juga dapat membantu pengguna menuliskan rumus Excel.

Tutorial jago Excel dengan bantuan ChatGPT
Source: Unsplash

Tidak semua orang ahli Microsoft Excel. Bahkan, Saya pun angkat tangan kalau diminta menuliskan rumus yang diperlukan untuk kumpulan data tertentu. Untungnya, zaman semakin canggih dan kita tidak perlu membayar untuk jasa tersebut. Chatbot AI dari OpenAI menawarkan jasa ini secara cuma-cuma, tapi jangan percaya keakuratannya 100%.

Ya, dia adalah ChatGPT. Di antara semua hal lain yang dapat dilakukan, ChatGPT juga dapat menulis rumus Excel. Digital Trends (8/4) baru-baru ini membagikan cara memanfaatkan ChatGPT untuk keperluan Excel dan langkah-langkahnya cukup mudah diikut. 

Langkah 1: Pertama-tama, yang harus disiapkan adalah akun OpenAI untuk mengakses ChatGPT dan spreadsheet Microsoft Excel yang berisi kumpulan data. Dalam contoh, Excel berisi tabel sederhana produk, layanan, harga yang diproyeksikan, dan harga aktualnya.

Source: Digital Trends

ChatGPT diminta mencarikan rumus untuk menghitung selisih antara harga yang diproyeksikan dan harga sebenarnya untuk setiap produk atau layanan yang tercantum (Kolom D), dan subtotal Kolom B, C, dan D.

Langkah 2: Jika spreadsheet sudah siap, langkah selanjutnya adalah buka browser web dan situs ChatGPT. Kemudian masuk ke akun OpenAI. Anda sekarang akan melihat layar Chat baru untuk ChatGPT.

Langkah 3: Di layar obrolan baru, ketikkan permintaan rumus Excel berdasarkan data Anda di kotak teks. Kemudian tekan tombol kirim. Misalnya, kita ingin mengisi sel kolom Perbedaan (Kolom D) dengan jawaban dari mengurangkan nilai kolom Harga Aktual (Kolom C) dari nilai yang sesuai di kolom Harga Proyeksi (Kolom B).

Jadi kita akan mulai dengan meminta ChatGPT untuk menulis rumus Excel dengan mengurangkan angka di sel C2 dari angka di B2. Anda harus berhati-hati dalam menyampaikan permintaan Anda dengan jelas dan setepat mungkin, jika tidak, ChatGPT dapat salah memahami Anda dan memberi formula yang salah.Source: Digital TrendsLangkah 4: Tanggapan ChatGPT atas permintaan Anda harus menyertakan rumus dan penjelasan singkat tentang cara menggunakannya dalam spreadsheet Excel. Salin rumus dari layar obrolan dengan menyorotnya lalu tekan CTRL + C pada keyboard Anda.

Langkah 5: Buka spreadsheet Excel Anda dan pilih sel yang Anda inginkan untuk rumus Anda. Kemudian tempelkan rumus Anda ke dalam sel dengan menekan CTRL + V pada keyboard. Jawaban yang benar untuk rumus Anda akan segera muncul di sel yang Anda pilih.

Source: Digital Trends

Dalam contoh, ChatGPT menghasilkan rumus berikut untuk permintaan di atas: =B2-C2 . Dan setelah rumus disalin dan ditempel ke dalam spreadsheet yang diinginkan (D2), rumus tersebut menghasilkan jawaban yang benar: Selisih antara Harga Proyeksi Produk 1 (B2 yang sama dengan USD50) dan Harga Aktualnya (C2 yang sama dengan USD22) adalah USD28.

Nah, bagaimana menurut Sahabat Tek? Mudah bukan? Ini saatnya kalian mencobanya sendiri, ya!

Share
×
tekid
back to top