Tips buat PC gaming lawas jadi terasa baru hanya dengan Rp1,5 juta

Menggabungkan HDD berkapasitas besar dengan SSD berkecepatan tinggi milik WD, bisa buat PC gaming tua terasa jadi baru.

Tips buat PC gaming lawas jadi terasa baru hanya dengan Rp1,5 juta WD Blue SSD 25GB & WD Blue HDD 1TB (Tek.id | NCL)

Melakukan upgrade komputer merupakan sebuah hal yang paling membingungkan bagi para pemilik PC gaming lawas. Apalagi, jika saat kita ingin melakukan upgrade, dana yang kita miliki sangatlah terbatas, semisal hanya Rp1,5 juta saja.

Dengan budget yang tidak besar, tentu akan sulit untuk memilih-milih komponen yang kita inginkan untuk upgrade. Semisal saja, saat ini harga dari RAM dan GPU sedang tidak stabil, baik harga baru dan harga bekas. Jadi kedua opsi tersebut bisa hampir dipastikan bukan sebuah langkah yang mudah diambil.


BACA JUGA

Pengguna smartphone Indonesia hadapi ancaman kehilangan data

Tips cara pasang HDD dan SSD di komputer Anda

4 langkah murah bikin laptop lama Anda seperti baru


Begitu juga dengan mengganti CPU. Ini berarti, kalian harus mencari prosesor yang dapat berjalan di motherboard yang saat ini menempel di PC. jadi, opsi ini juga bisa dibilang hampir mustahil.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan dengan budget tersebut? Eits, jangan khawatir dulu. Dengan modal Rp1,5 juta, kita dapat melakukan upgrade dua hal lho. Yakni mengganti HDD lama dengan satu SSD dan satu HDD baru.

Menurut pantauan tim Tek.id di beberapa toko online, pada saat ini harga SSD dan HDD termasuk cukup stabil. Ada beberapa merek yang mungkin bisa direkomendasikan, tapi melihat harga SSD dan HDD milik WD lebih stabil, jadi kami merekomendasikan hal tersebut.

Dengan uang Rp1,5 juta, kami merekomendasikan untuk membeli SSD WD Blue 256GB seharga Rp780 ribu. Kapasitas ini dirasa cukup lega. Selain dapat menampung sistem operasi, SSD ini juga bisa muat beberapa gim.

Misalnya saja, kami dapat memasukkan gim CS:GO, PUBG, Shadow of the Tomb Raider, The Witcher 3, serta Tom Clancy's Ghost Recon Wildlands. Bahkan setelah memasang OS dan lima gim tersebut, masih tersedia ruang untuk memasang aplikasi lain.

Nah, dengan sisa uang yang tersedia, kita dapat membeli sebuah HDD WD Blue 1TB. Harga di toko online rata-rata Rp700 ribuan. Di HDD ini, kita dapat menyimpan file-file besar seperti data sekolah, data kuliah, atau data pekerjaan.

Lantas, apa yang kita dapatkan saat melakukan upgrade ini? Jawabannya adalah membuat PC lawas kalian terasa baru. Mungkin kita tidak akan mendapatkan peningkatan fps dalam gim. Akan tetapi, kita akan merasakan pengurangan waktu dalam booting dan saat membuka gim, jika dibandingkan saat menggunakan HDD.

Hal ini dikarenakan SSD dari WD Blue memiliki teknologi 3D NAND. Kecepatan transfer data dari SSD ini juga mencapai 530MB/s. Sedangkan untuk HDD tradisional, kecepatan transfernya hanya 100MB/s.

Sedangkan untuk HDD WD Blue, mereka menjanjikan performa yang lebih baik dari seri pendahulunya, baik dari transfer data maupun konsumsi daya.

Jadi, bagaimana sahabat tek? Kita tidak perlu mengganti satu PC bukan hanya untuk mendapatkan performa seperti laptop baru?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: