TikTok rayakan HUT RI ke-78 lewat Kampanye #Serunya17an
Kampanye #Serunya17an akan menyorot perjuangan para pejuang kreatif dengan harapan dapat menginspirasi masyarakat untuk ikut maju membawa perubahan positif bagi Indonesia.
TikTok kembali menjadi bagian dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78. Tahun ini, TikTok meluncurkan kampanye yang bertajuk #Serunya17an (dibaca: serunya tujuh belasan atau serunya satu tujuan).
Sejalan dengan tema HUT RI tahun, "Terus Melaju untuk Indonesia Maju", #Serunya17an akan menyorot perjuangan para pejuang kreatif dengan harapan dapat menginspirasi masyarakat untuk ikut maju membawa perubahan positif bagi Indonesia.
"Selain merayakan keseruan 17-an, kampanye #Serunya17an juga memiliki makna lain, yaitu satu tujuan (1=satu, 7=tujuh,+an) untuk Indonesia yang lebih baik. Di TikTok, kita melihat kreator dan konten yang beragam, mulai dari edukasi, hiburan, budaya, dan masih banyak lagi. Namun mereka memiliki satu tujuan yang sama, yaitu memberikan dampak positif kepada Indonesia," kata Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.
Kampanye #Serunya17an akan menggelar berbagai aktivitas, salah satunya mengangkat kisah dari lima pejuang kreatif yang terus maju berjuang untuk membawa perubahan positif melalui kontennya di TikTok, maupun tindakan nyata. Mereka antara lain:
- Larangan Penggunaan Media Sosial untuk Anak di Bawah 16 tahun di Australia Berlaku Pekan Depan, Ini Pemicunya
- Threads Bidik Komunitas Podcaster, Tantang Dominasi X di Ruang Diskusi Digital
- Threads Tambahkan Fitur “Reply Approvals” untuk Kendalikan Balasan yang Muncul di Postingan
- Threads Tembus 150 Juta Pengguna Aktif Harian, Meta Siapkan Ekspansi Iklan Video
- Mikha Tembayong sebagai Pejuang Edukasi, penyanyi, aktris dan penggiat pendidikan yang aktif menyebarkan semangat belajar, termasuk pentingnya mengenyam bangku Pendidikan.
- Pandawara Group sebagai Pejuang Hijau, kelompok pemuda asal Bandung yang gemar membersihkan sungai dan pantai di berbagai wilayah di Indonesia.
- Roman Nuansa sebagai Pejuang Budaya yang telah mengharumkan bangsa Indonesia lewat karya batik di kancah fashion week dunia
- Leani Ratri Oktila sebagai Pejuang Prestasi, seorang atlet para badminton.
- Kohcun sebagai Pejuang Cuan, seorang kreator affiliate.
Selain itu, kampanye juga akan mendukung UMKM dalam meningkatkan bisnisnya dengan menghadirkan produk andalannya di TikTok Shop Pesta Lokal 8.8. Program ini berlangsung mulai dari 1 hingga 8 Agustus 2023.
Terakhir, Kamoanye #Serunya17an mengajak komunitas dan kreator TikTok untuk ikut melakukan tindakan nyata menjadikan Indonesia yang lebih baik, melalui serangkaian kegiatan sosial.
Kegiatan ini antara lain membersihkan lingkungan bersama kreator dan komunitas TikTok, menggelar pelatihan eco-printed fabric untuk mengembangkan keterampilan warga desa di Lembang, membuka kelas pelatihan seputar karier untuk pelajar SMK, serta sesi sharing bersama kreator TikTok dan Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia.
TikTok juga turut memeriahkan kampanye dengan menghadirkan hashtag challenge #Serunya17an dan kompetisi pembuatan Efek TikTok khusus 17-an.









