Threads, aplikasi pesan Instagram khusus Close Friend

Instagram meluncurkan aplikasi baru bernama Threads. Ini merupakan aplikasi pesan yang ditawarkan khusus untuk berkomunikasi dengan Close Friend di Instagram.

Threads, aplikasi pesan Instagram khusus Close Friend Source: Instagram

Awal tahun ini, Instagram menutup layanan Direct. Ini merupakan aplikasi sendiri yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan orang lain di Instagram. Jadi pengguna hanya perlu mengakses aplikasi ini khusus untuk melihat Direct Messages di Instagram. Hal yang sama juga berlaku di Facebook dengan aplikasi Messenger.

Meski begitu, tampaknya Facebook tidak ingin berhenti begitu saja dengan aplikasi pesan di platform Instagram. Baru-baru ini, perusahaan itu meluncurkan aplikasi bernama Threads. Aplikasi ini merupakan aplikasi mandiri yang dapat membuat pengguna Instagram berinteraksi dengan orang lain melalui Direct Messages. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Caption Instagram kece sambut Halloween

Instagram tambahkan beragam fitur terbaru di stories

Instagram hapus tab aktivitas pengikut


Meski tampaknya serupa, nyatanya aplikasi ini berbeda dengan layanan aplikasi Direct yang sudah tutup tersebut. Dalam rilis resmi di blognya, Instagram menjelaskan bahwa Threads didesain dengan privasi, kecepatan dan koneksi Close Friend. Yup! Berbeda dengan Direct, pengguna Threads hanya akan dapat berinteraksi dengan Close Friend saja. Namun tetap saja, Instagram memberi opsi bagi pengguna untuk mengatur siapa saja yang bisa menjangkau Threads mereka. 

Di aplikasi ini, pengguna Instagram dapat berbagi foto, video, pesan, Instagram Stories hanya dengan orang yang sudah dimasukkan dalam daftar teman dekat di aplikasi ini. Dulu, waktu Direct masih eksis, siapa saja bisa mengirim pesan ke seorang pengguna, entah itu Close Friend, pengikut atau orang lain di luar daftar pengikutnya. 

Layaknya sebuah aplikasi pesan pada umumnya, Threads juga menawarkan fitur berupa status. Pengguna dapat memilih status yang disediakan atau mengkustomnya sesuai keinginan. Kalau ditarik ke belakang, fitur ini mirip dengan WhatsApp Status pada masa awal, sebelum menjadi seperti saat ini. 

Sebagaimana diketahui, anak perusahaan Facebook ini mulai memperkenalkan Close Friend tahun lalu. Ini merupakan daftar orang terpilih yang diinginkan pengguna. Nantinya hanya orang-orang dalam daftar ini saja yang dapat melihat Instagram Stories dari seorang pengguna. Itu jika pengguna tersebut memilih Close Friend sebelum mengunggah Stories mereka. Instagram tampaknya ingin membuat Close Friend menjadi lebih istimewa dengan aplikasi Threads. 

Threads kabarnya sudah tersedia secara global saat ini baik. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store dan App Store. Kalau mau mencari aplikasi ini secara mandiri, perlu trik khusus. Aplikasi ini sendiri bernama Threads for Instagram. Namun hasil pencarian di dua toko aplikasi itu tidak menampilkan aplikasi ini. Caranya, buka Instagram kemudian ketuk nama publishernya, dalam hal ini Instagram. Inc. Nah dari sini baru terlihat semua aplikasi yang dimiliki Instagram, kemudian Threads for Instagram ini akan terlihat. Lanjutkan ke proses unduhan seperti biasa. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: