Tesla uji coba genteng surya di pabrik mobilnya

Desainnya membutuhkan teknologi yang cukup rumit, menggunakan kaca khusus sehingga dapat menyembunyikan sel fotofoltaik dari pandangan, tanpa mencegah energi matahari masuk.

Tesla uji coba genteng surya di pabrik mobilnya Source: Pexels

Berdasarkan izin bangunan yang baru-baru ini diamankan di kota Fremont, Tesla kemungkinan akan menguji teknologi atap ber-sel surya. Izin ini akan memungkinkannya membangun struktur uji untuk mengevaluasi produk atap surya Tesla dan proses pemasangan, di pabrik mobil listriknya di Fremont, California. Dilansir dari Engadget (2/8), atap ber-sel surya Tesla punya rancangan agar terlihat seperti bertumpang-tindih sedikit agar berbeda dari sel surya konvensional.

Desainnya membutuhkan teknologi yang cukup rumit, menggunakan kaca khusus sehingga dapat menyembunyikan sel fotofoltaik dari pandangan, tanpa mencegah energi matahari masuk. Meski perusahaan tersebut telah mengirimkan pesanan atap surya sejak pengumuman teknologi pada tahun 2016, pengiriman ini masih sangat terbatas serta pemasangan atap genteng dan instalasi masih cukup mahal. Pada tahun 2018 Elon Musk ingin menghadirkan desain panel surya yang lebih enak dilihat.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Tesla masuk daftar 10 merek terpercaya

Aplikasi Tesla gagalkan pencurian mobil

Tesla Supercharger hasilkan 72 GWh listrik dalam sebulan


Tesla secara resmi belum mengumumkan fasilitas pengujian, tetapi Musk menulis dalam Twitter sebagai tanggapan terhadap seseorang yang meminta pembaruan:

Tweet itu sendiri menjadi kontroversial karena kesepakatan Musk yang sudah ada dengan Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commision/SEC) AS melarangnya dari mengubah tingkat produksi dan pengiriman tanpa persetujuan dari tim hukum Tesla.

Tetapi sepertinya itu tidak masalah bagi mereka yang hanya ingin melihat atap surya menjadi lebih banyak tersedia pada titik harga yang lebih rendah. Orang-orang mungkin harus menunggu beberapa saat untuk melihat apakah fasilitas pengujian yang baru mengarah ke harga yang lebih murah dan lebih banyak pengiriman.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: