sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Minggu, 25 Feb 2024 07:05 WIB

Ternyata Tensor G3 adalah SoC ponsel pertama dengan dukungan encoding 4K 60FPS AV1

Chip Google `Tensor G3 generasi saat ini, yang digunakan dalam seri Pixel 8, memiliki fitur tersembunyi, yaitu dukungan untuk codec AV1.

Ternyata Tensor G3 adalah SoC ponsel pertama dengan dukungan encoding 4K 60FPS AV1

Chip Google `Tensor G3 generasi saat ini, yang digunakan dalam seri Pixel 8, memiliki fitur tersembunyi, yaitu dukungan untuk codec AV1. Ini menandakan sebagai prosesor ponsel pertama yang mampu menangani video AV1. Hebatnya, prosesor tersebut mampu melakukan encoding video dengan resolusi 4K dan 60 frame per detik (FPS).

Sebagai informasi, AV1 adalah standar kompresi video baru yang menjanjikan kualitas dan kompresi lebih baik dibandingkan codec H.264 lama.

Teknologi antusias Mishaal Rahman membagikan cuplikan kode yang mengonfirmasi dukungan AV1 prosesor tersebut hingga resolusi 4K dan 60FPS. Dilansir dari Gizmochina (25/2), hal ini menempatkan Tensor G3 di depan pesaing seperti Qualcomm, MediaTek, dan Samsung dalam hal kemampuan encoding khusus ini.

Namun, itu bukan berarti tidak ada kekurangan. Meskipun Tensor G3 mendukung AV1, saat ini tidak ada aplikasi yang banyak digunakan, termasuk aplikasi Pixel Camera milik Google, yang dapat memanfaatkan fitur ini untuk encoding pada 4K 60FPS.

Tanpa dukungan perangkat lunak, pengguna tidak akan langsung mendapatkan manfaat dari kemampuan perangkat keras ini. Jadi tidak adanya dukungan encoding AV1 di chipset lain mungkin juga disebabkan oleh masalah kompatibilitas.

Format H.264 tetap banyak digunakan dan mendukung codec saat ini, memastikan video dapat dengan mudah diputar di berbagai perangkat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa chip Apple A17 Pro, yang digunakan pada model iPhone 15 Pro, juga mendukung decoding AV1 tetapi tidak mendukung decoding.

Google mungkin dapat memperkenalkan dukungan pengkodean AV1 pada iterasi chip Tensor di masa mendatang dan memperbarui aplikasi kameranya untuk memanfaatkan fitur ini. Namun, setelah aplikasi mulai mendukung encoding AV1 pada 4K 60FPS, kemampuan unik Tensor G3 tetap lebih merupakan keingintahuan teknis daripada keuntungan praktis bagi pengguna.

Share
×
tekid
back to top