sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
Senin, 13 Jan 2020 18:35 WIB

TCL pamer TV Mini-LED dan QLED dengan speaker Onkyo

Penerangan backlight LED yang lebih banyak pada teknologi local dimming akan memungkinkan tingkat warna hitam yang lebih pekat tanpa mengurangi detail gambar dalam area gelap.

TCL pamer TV Mini-LED dan QLED dengan speaker Onkyo
Source: Future via What Hifi

Belum lama ini TCL mengumumkan teknologi TV berteknologi Mini-LED di ajang CES 2020 yang diklaim akan memberi pengalaman baru dalam TV beresolusi 8K. Perusahaan ini menyebut TV itu dengan Vidrian Mini-LED, yang memadukan puluhan ribu LED backlighting dan sirkuit langsung ke substrat panel. Dilansir dari What Hifi (13/1), hal ini dapat meningkatkan kemungkinan peredupan lokal (local dimming) jika dibandingkan dengan TV LED konvensional.

Penerangan backlight LED yang lebih banyak pada teknologi local dimming akan memungkinkan tingkat warna hitam yang lebih pekat tanpa mengurangi detail gambar dalam area gelap. TCL mengatakan panel Vidrian miliknya juga mampu meningkatkan kontras, kecerahan, dan performa yang lebih tahan lama.

TV Mini-LED 8K ini akan hadir dalam ukuran panel 65 inci dan 75 inci tetapi dengan harga yang belum diinformasikan lebih lanjut. TCL juga menjanjikan TV Roku 8K pertama di pasar dalam beberapa waktu mendatang di tahun ini.

Pada saat yang sama, TCL telah memperbarui komitmennya untuk TV QLED dengan meluncurkan tiga seri baru untuk tahun ini. Lini produk teratas adalah TCL X915 8K berukuran 65 inci dan 75 inci yang mendukung Dolby Vision dan Dolby Atmos melalui speaker Onkyo yang terintegrasi. TV ini berjalan di atas sistem operasi Android serta memegang sertifikasi IMAX Enhanched.

Ada pula TV dengan resolusi 4K, yakni TCL QLED C815 dan C715. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa C715 tidak menampilkan speaker Onkyo. Kedua model tersebut mendukung format HDR seperti Dolby Vision dan HDR10+. C815 hadir dalam ukuran 75 inci, 65 inci, dan 55 inci, sedangkan TCL C715 memiliki ukuran 65 inci, 55 inci dan 50 inci.

Banyak dari TV yang diluncurkan memegang refresh rate 120 Hz pada resolusi 4K. TV tersebut juga dapat tampil dengan kecepatan refresh rate variable untuk mengoptimalkan konten yang sedang berlangsung demi hasil yang lebih optimal sehingga cocok untuk bermain gim. Cukup pilih mode THX Certified Game Mode pada model tertentu.

Share
back to top