sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Senin, 27 Mei 2024 10:59 WIB

Snapdragon X Elite kalahkan Apple M2 dalam tes multi-core

Antusias perangkat keras HXL baru-baru ini membagikan benchmark untuk Surface Laptop baru yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon X Elite.

Snapdragon X Elite kalahkan Apple M2 dalam tes multi-core

Microsoft baru-baru ini meluncurkan Surface Laptop barunya yang menampilkan SoC Snapdragon berbasis ARM. Laptop ini sudah tersedia untuk pre-order, dengan pengiriman dimulai pada bulan Juli. Artinya, masih ada waktu sebelum kita dapat melihat performa sebenarnya dari chipset baru tersebut.

Namun, antusias perangkat keras HXL baru-baru ini membagikan benchmark untuk Surface Laptop baru yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon X Elite dan ini menunjukkan bahwa prosesor tersebut mungkin dapat bertahan melawan chip M2 Apple.

Dilansir dari Gizmochina (27/5), benchmark yang dijalankan adalah CPU-Z pada Surface Laptop 7 dengan SoC Snapdragon X Elite X1E-78-100. Karena CPU-Z tidak tersedia di MacBook, HXL mem-boot Windows 11 virtual untuk menjalankan benchmark tersebut.

Perhatikan bahwa virtual machine dapat menimbulkan overhead kinerja, yang berpotensi menghambat skor M2. Jadi ambillah data ini secara bijak.

Surface Laptop 7 mencetak skor multi-thread yang jauh lebih tinggi (7.923,5 poin) dibandingkan dengan M2 di virtual machine (3.822,3 poin), sedangkan M2 memiliki sedikit keunggulan dalam kinerja single-thread (749,5 poin vs 686,0 poin).

Snapdragon X Elite diklaim mengungguli prosesor Intel dan AMD saat ini. Namun, ini adalah perbandingan nyata pertama yang kita lihat untuk Apple silicon.

Hal ini menunjukkan bahwa laptop Snapdragon X Elite dapat menjadi alternatif yang layak bagi pengguna yang lebih menyukai desain tipis dan ringan serta masa pakai baterai yang lebih lama, namun tetap menawarkan pilihan antara Windows dan macOS.

Qualcomm juga menghadirkan dukungan Linux resmi untuk prosesor Snapdragon X yang tentunya akan menarik bagi mereka yang lebih menyukai sistem operasi sumber terbuka.

Benchmark tersebut menunjukkan bahwa X Elite dapat menjadi pesaing kuat terhadap chipset seri Apple M yang terkenal. Namun, kita perlu melihat lebih banyak data untuk memahami perbandingan sepenuhnya.

Share
×
tekid
back to top