sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Jumat, 02 Feb 2024 08:41 WIB

SmartSens umumkan sensor 50 MP dengan piksel 0,7 μm, punya teknologi Summing

Perusahaan asal Tiongkok SmartSens baru saja mengumumkan peluncuran sensor gambar mobile terbarunya, SC5000CS.

SmartSens umumkan sensor 50 MP dengan piksel 0,7 μm, punya teknologi Summing

SmartSens, didirikan pada tahun 2017 dan berkantor pusat di Shanghai, adalah pengembang terkemuka sensor gambar CMOS berkinerja tinggi. Perusahaan ini merancang dan memproduksi chip untuk berbagai aplikasi, termasuk pengawasan, machine vision, otomotif, dan kamera ponsel pintar.

SmartSens menawarkan beragam portofolio sensor, termasuk opsi kecepatan tinggi untuk keperluan industri dan sensor 5MP untuk kamera keamanan analog. Mereka secara konsisten memegang pangsa pasar teratas dalam industri sensor keamanan dan pengawasan selama lima tahun berturut-turut. Meskipun SmartSens unggul dalam berbagai aplikasi sensor, sensor ponsel cerdas mereka mendapatkan daya tarik yang signifikan dalam industri seluler.

Dilansir dari Gizmochina (2/2), perusahaan tersebut baru saja mengumumkan peluncuran sensor gambar mobile terbarunya, SC5000CS. Sensor back-illuminated baru ini menawarkan resolusi 50 megapiksel, ukuran 1/2,5 inci, dan ukuran piksel 0,702 μm, sehingga ideal untuk digunakan pada ponsel pintar kelas atas.

SC5000CS dilengkapi dengan teknologi SFCPixel-SL milik SmartSens, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja cahaya rendah dan dynamic range. Teknologi ini menggunakan desain penguatan konversi ganda tingkat piksel untuk mengurangi read noise (RN) dan fixed pattern noise (FPN). Menurut SmartSens, SC5000CS memiliki RN dan FPN masing-masing serendah 1,0e- dan 0,2e-, yang secara signifikan meningkat dibandingkan sensor generasi sebelumnya.

Selain performa cahaya rendahnya, SC5000CS juga mendukung dual exposure non-overlapping HDR, dan mode HDR line-interleaved. Hal ini memungkinkan sensor menangkap gambar dengan dynamic range yang lebih luas, yang penting untuk mengambil foto berkualitas tinggi dalam kondisi pencahayaan yang menantang.

Fitur utama lainnya dari SC5000CS adalah kemampuannya merekam video 4K pada 60fps. Hal ini dimungkinkan oleh mode Summing pada sensor, yang menggabungkan keluaran empat piksel menjadi satu. Hal ini secara efektif meningkatkan ukuran piksel menjadi 1,404 μm, yang cukup besar untuk menangkap rekaman video berkualitas tinggi.

SC5000CS menggabungkan teknologi Sparse PDAF dari SmartSens, memungkinkan pemfokusan yang tepat dan cepat pada piksel tertentu. Hal ini memastikan pengambilan gambar yang cepat dan jelas, terutama dalam pemandangan dinamis, sekaligus mengurangi konsumsi daya CIS mobile.

Desain dan proses canggih SmartSens dalam teknologi reading circuit memungkinkan SC5000CS mencapai konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan pesaing. Hal ini berarti masa pakai baterai yang lebih lama pada ponsel cerdas, yang menjadi perhatian utama banyak pengguna.

SC5000CS saat ini sedang menerima sampel dan diperkirakan akan memasuki produksi massal pada Q2 2024. Artinya, kita bisa melihat ponsel yang dilengkapi dengan sensor ini pada akhir tahun ini. Awal bulan ini, SmartSens juga memperkenalkan SC580XS, sensor gambar smartphone 50 megapiksel dengan format optik 1/1,28 inci, menawarkan peningkatan kinerja cahaya rendah dan kemampuan video 4K pada 120fps.

Share
×
tekid
back to top