sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
Rabu, 02 Des 2020 18:24 WIB

Smartphone terbaik 2020 pilihan kami

Tek Award sepenuhnya berlangsung independen, tanpa intervensi dari pihak mana pun. Kami memilih produk terbaik berdasarkan dua hal: benchmark sintentis dan pengalaman penggunaan.

Smartphone terbaik 2020 pilihan kami

2020 adalah tahun yang sulit bagi semua orang di seluruh dunia karena pandemi Covid-19. Sejak Maret, misalnya, kami sudah mulai bekerja dari rumah. Tiba-tiba saja, semua kegiatan yang melibatkan kerumunan orang harus berhenti, dan beralih ke daring. Vendor ponsel pintar yang terbiasa mengirimkan sampel produk ke kantor pun harus beralih mengirimkannya ke rumah kami masing-masing. Walau awalnya tertatih-tatih, akhirnya kita semua terbiasa juga.

Sampai dengan akhir November tahun ini, kami sudah mengulas setidaknya 46 ponsel dari kelas pemula hingga kelas atas. Dan, sama seperti tahun lalu, tiba juga saatnya untuk mengumumkan smartphone terbaik pilihan kami melalui Tek Award 2020.

Agar Sahabat Tek lebih mudah memahaminya, kami membagi smartphone tersebut ke dalam beberapa kategori, yakni Best Flagship, Best High-End, Best Mid-Range, Best Entry-Level, Best Camera, Best Value, Best Gaming, Best All Rounder, dan yang terbaru tahun ini adalah Best Design. Kami membagi kategori tersebut berdasarkan harga produk ketika diluncurkan.

Sebagai transparansi untuk seluruh pembaca, kami menegaskan bahwa Tek Award sepenuhnya berlangsung independen, tanpa intervensi dari pihak mana pun. Secara garis besar, kami memilih produk terbaik berdasarkan dua hal: benchmark sintentis dan pengalaman penggunaan.

Pengambilan keputusannya pun berlangsung melalui musyawarah mufakat. Kami menghargai pandangan tiap jurnalis Tek.id. Dengan segala kelebihan dan kekurangan Tek Award 2020, kami ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh vendor smartphone: Vivo, Samsung, OPPO, Xiaomi, realme, ASUS, Black Shark, Sharp, serta Huawei atas kerja sama dengan Tek.id.

Semoga tahun 2021 kondisi dunia akan membaik, bisnis menggeliat, masyarakat bisa beraktivitas normal, dan tentu saja, kita bisa bersua lagi di berbagai acara tanpa rasa cemas. Berikut smartphone terbaik 2020 pilihan kami.
 
Best Flagship: Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Smartphone terbaik 2020

Kami kembali memilih smartphone dengan stylus, Samsung Galaxy Note 20 Ultra sebagai yang terbaik di kategori ini. Selain karena mengemas spesifikasi tinggi, Samsung Galaxy Note 20 Ultra juga memiliki fitur dan fungsionlitas yang kaya untuk menunjang produktivitas pengguna profesional dengan mobilitas tinggi. Kemampuan Galaxy Note 20 Ultra sangat cocok di masa Work From Home.

 
Best High End: Samsung Galaxy S20 FE

Smartphone terbaik 2020

Samsung Galaxy S20 FE muncul secara mengejutkan setelah Samsung merilis seri Galaxy S20 dan seri Note 20. Desainnya enggak kalah keren, pilihan warnanya sangat beragam, ukurannya pas, dan performanya sangat memuaskan. Kami tak ragu sedikit pun untuk menobatkan Galaxy S20 FE sebagai yang terbaik di kategori High End.


Best Mid-range: OPPO Reno4

Smartphone terbaik 2020

OPPO Reno4 merupakan smartphone dengan paket komplit. Kami memilih Reno4 sebagai Best Mid-Range karena performanya yang andal, dan fiturnya sangat bermanfaat untuk pengguna dengan beragam kebutuhan.

 

Best Entry-Level: realme C17

Smartphone terbaik 2020

Terus terang, kami sempat kesulitan menentukan pemenang di kategori Entry-Level karena jumlahnya cukup banyak. Namun demikian, melalui diskusi yang cukup panjang, kami memilih realme C17 sebagai Best Entry-Level tahun ini. Alasannya, di rentang harga Rp1 juta hingga Rp2 jutaan, realme C17 menawarkan spesifikasi yang paling tinggi, seperti RAM 6GB dan penyimpannya yang mencapai 256GB. Sesuai klaimnya, realme C17 memang "terbesar di kelasnya", sehingga dapat membantu pengguna dalam menjalankan berbagai aktivitas di smartphone
 
Best Camera: Huawei P40 Pro

Smartphone terbaik 2020

Sanksi dari pemerintah Amerika Serikat (AS) tak mengendurkan semangat Huawei untuk menghadirkan smartphone terbaik. Kami menobatkan Huawei P40 Pro sebagai Best Camera karena kemampuannya yang sangat mumpuni dalam mengabadikan objek di berbagai kondisi cahaya. Tentunya, kami berharap ke depannya, Huawei tetap dapat mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kamera Huawei P series. Kami juga berharap, pemerintahan baru Amerika Serikat akan mengakhiri sanksi terhadap perusahaan asal Tiongkok tersebut.
 

 

Best Value: POCO X3 NFC

Smartphone terbaik 2020

Sejak generasi pertama, POCO series mampu menghentak pasar berkat spesifikasi yang cukup tinggi, tetapi dibanderol cukup terjangkau. Konsep ini terus dipertahankan POCO, sehingga kami memilih POCO X3 NFC sebagai smartphone Best Value. Meski hadir dengan chipset kelas menengah, kemampuannya untuk menjalankan game berat patut diacungi jempol. Tentu saja, dengan harganya yang sangat terjangkau. 

 
Best Gaming: ASUS ROG Phone 3

Smartphone terbaik 2020

Dari daftar smartphone gaming yang pernah kami review di sepanjang 2020, ROG Phone 3 memiliki spesifikasi yang paling tinggi, sehingga menawarkan performa yang andal. Dari penilaian tersebut, kami menobatkan ROG Phone 3 sebagai smartphone Best Gaming tahun ini. Meski kini Asus tak lagi fokus pada bisnis smartphone, kami tetap berharap melihat ROG Phone generasi selanjutnya di tahun depan.
 


Best All Rounder: Black Shark 3

Smartphone terbaik 2020
 

Sebagai smartphone gaming, Black Shark 3 hadir dengan spesifikasi tinggi. Meski tak berhasil mendapatkan tahta sebagai smartpone gaming terbaik versi Tek.id, Black Shark 3 pantas mendapat Best All Rounder. Hal ini berdasarkan spesifikasi dan juga harganya yang relatif lebih murah dibanding pesaingnya.

 

Best Design: Vivo V20

Smartphone terbaik 2020

Kami memilih vivo V20 sebagai Best Design karena tentu saja desainnya yang lain dari yang lain. Housing kamera pada smartphone ini hampir serupa, namun berbeda dari smartphone lain yang menggunakan konsep housing persegi. Dengan melihat bingkai kameranya saja, orang akan langsung mengetahui vivo V20. Jangan lupa dengan konsep Ultra Sleek Desain yang menurut kami ergonomis dan mewah. Gradasi warna di panel belakangnya pun baru kali ini kami temui di smartphone. Melalui V20, vivo menunjukkan kalau desain smartphone bisa dirancang agar tidak membosankan dan terkesan monoton.
 

Editor
Share
×
tekid
back to top