sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Jumat, 31 Jul 2020 12:24 WIB

Black Shark 3 ditambah FunCooler Pro, main gim 5 jam tanpa panas

Pada kesempatan kali ini tim Tek.id akan menyiksa Black Shark 3 untuk bermain PUBG selama 5 jam non-stop. Bagaimana panas yang dihasilkan oleh smartphone ini?

Black Shark 3 ditambah FunCooler Pro, main gim 5 jam tanpa panas
Black Shark 3 dan FunCooler Pro

Pernah gak sih kalian sedang bermain gim di smartphone dengan durasi yang cukup lama, kemudian smartphone yang kalian pakai overheat atau menjadi panas. Sudah pasti gim yang dimainkan jadi patah-patah? Pastinya gak enak dong ya kalau harus mengalami hal tersebut.

Tapi, jika kalian menggunakan smartphone gaming biasanya masalah tersebut akan berkurang secara drastis. Soalnya, smartphone gaming biasanya dilengkapi dengan sistem pendinginan yang yahud.

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan mencoba seberapa efektif sih sebuah smartphone gaming dalam mengantisipasi panas saat dimainkan dalam jangka waktu yang lama. Dan smartphone pilihan kami adalah Black Shark 3.

Seperti diketahui, Black Shark 3 memiliki sistem pendinginan Liquid Cooling Pipe yang dapat menghantarkan panas dengan sangat baik. Selain itu, mereka juga memiliki Copper Alloy Shelter yang berfungsi sebagai penghantar panas ke Liquid Cooling Pipe.

Mereka juga juga menggunakan Thermal Graphite Sheet sebagai pengganti pipa tembaga untuk menghantarkan panas di area yang sangat tipis, dan tidak memungkinkan menggunakan pipa tembaga.

Lalu, bagaimana dengan performanya? Selama pengujian bermain gim PUBG selama 5 jam non stop, kami tidak merasakan adanya penurunan performa sekalipun dari Black Shark 3 meski kami bermain di pengaturan grafis tertinggi.

Kami mengukur thermal dari Black Shark 3, baik secara internal maupun eksternal. Untuk penghitungan suhu internal, kami menggunakan aplikasi AIDA64 dan menggunakan Overlay di Shark Space 3.0.

Sedangkan untuk mengukur suhu bagian eksternal dari Black Shark 3, kami menggunakan thermogun dan mengarahkannya ke bagian belakang perangkat. Dan berikut ini hasil pengujian kami :

Seperti yang kalian bisa lihat, selama bermain PUBG selama 1 jam, suhu yang dihasilkan adalah 37,5 derajat celcius untuk internal dan 37,9 derajat celcius eksternal. Suhu ini terus meningkat hingga di titik 3 jam, yang meningkat di suhu 41,3 derajat internal dan 44,9 derajat eksternal. Setelah itu, tidak ada perubahan yang cukup berarti.

Nah, jika kalian ingin mendapatkan pengalaman bermain gim yang lebih dingin lagi, Black Shark juga memiliki solusi pendinginan untuk smartphone yang bernama FunCooler Pro Cooling Fan.

Cooler ini menggunakan Thermoelectric Cooler Peltier, yang merupakan sebuah lempengan khusus yang menghasilkan panas di satu sisi dan menghasilkan dingin di sisi lain. Mereka memanfaatkan sistem ini untuk mendinginkan smartphone.

Jika kalian menggunakan Black Shark 3, kalian akan dapat menyambungkan cooler ini ke perangkat kalian lho melalui konektivitas Bluetooth. Ada dua pengaturan untuk pendingin ini, yakni Freeze dan Frozen.

Dalam pengujian yang kami lakukan, pendingin ini bisa mencapai suhu hingga 7 derajat celcius dengan suhu ambien ruangan 25 derajat celcius. Jadi, kita dapat mengharapkan penurunan panas yang cukup signifikan dengan menggunakan pendingin tersebut.

Mekanisme untuk menggunakan FunCooler Pro ini juga sangat mudah. Dikarenakan menggunakan klip universal, kalian dapat menggunakan pendingin ini di hampir semua smartphone yang ada di pasaran.

Dan jika kalian penasaran seberapa besar pengaruh FunCooler Pro, berikut ini hasil pengujian yang telah kami lakukan :

Seperti yang kalian bisa lihat, setelah bermain PUBG selama 1 jam, suhu yang dihasilkan adalah 31,2 derajat celcius untuk internal dan 32,1 derajat celcius eksternal. Dan ketika kami cek di titik 3 jam, suhunya berada di 37,9 derajat internal dan 38,6 derajat eksternal, tanpa ada peningkatan hingga di jam ke-5.

Hal ini membuat pengalaman kami dalam bermain gim jauh lebih baik. Smartphone tidak panas saat dimainkan, meski telah kami bantai habis-habisan bermain gim selama 5 jam non stop baik tanpa dan menggunakan FunCooler Pro di Black Shark 3.

Editor
Share
back to top