sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
Kamis, 15 Okt 2020 22:14 WIB

Review Samsung Galaxy S20 FE, bukan hanya untuk fans

Memiliki harga dibawah Rp10 juta, Samsung Galaxy S20 FE tampaknya pantas disebut sebagai “smartphone flagship For Everyone”.

Review Samsung Galaxy S20 FE, bukan hanya untuk fans
Samsung Galaxy S20 FE

Seperti mengembalikan tradisi, Samsung kembali menghadirkan versi terjangkau dari jajaran flagship mereka. Tahun lalu misalnya, mereka memperkenalkan Galaxy S10 Lite, yang memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

Sayangnya, harga yang murah ini mengakibatkan adanya pemangkasan spesifikasi dari perangkat tersebut. Yang paling terlihat adalah dari bagian kamera, dimana Galaxy S10 memiliki empat kamera, sementara Galaxy S10 Lite hanya memiliki tiga kamera.

Tapi, kali ini Samsung memiliki pendekatan yang berbeda. Mereka memilih strategi baru yang menghasilkan Galaxy S20 FE. Smartphone ini merupakan versi terjangkau dari S20 Series, tetapi tetap mempertahankan statusnya sebagai flagship di 2020.

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan mengulas Galaxy S20 FE. Benarkah smartphone ini hanya untuk Fans (FE = Fans Edition) atau memang flagship For Everyone? Jika penasaran, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Finishing berkelir matte, hadir tanpa curve glass

Pertama kali melihat perangkat Galaxy S20 FE, rasanya memang ada sedikit jarak yang jauh jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Absennya curve display menjadi hal yang mencolok. Namun bagi kalian yang kurang suka dengan tipe layar tersebut, kalian akan sangat mengapresiasi perangkat ini.

S20 FE memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dan bobot yang lebih berat (selisih 27 gram) dibanding Galaxy S20. Selain itu, pinggir body-nya terlihat lebih kotak jika dibandingkan dengan S20 yang lebih membulat. Tapi, jujur saja saya lebih suka look dari S20 FE.

Perbedaan lain yang terlihat adalah di bagian belakang perangkat. Jika di S20 menggunakan finishing terbuat dari kaca, di S20 FE ini menggunakan finishing yang lebih ke arah mate. Meski demikian, warna putih di unit yang saya ulas kali ini masih memiliki refleksi warna keungu-ungan, yang membuatnya tampak seperti mutiara.

Kelebihan lain dari finishing ini adalah di tangan tak terasa licin. Jadi, saya lebih percaya diri memegang perangkat ini tanpa menggunakan casing jika dibandingkan pada saat menggunakan S20.

Meski tak menggunakan finishing matte tanpa lapisan kaca, pengguna masih akan mendapatkan fitur NFC dan wireless charging. Oh iya di bagian belakang juga terdapat kamera yang nanti akan saya bahas di bagian lain.

Terakhir untuk port dan tombol, di sisi kiri tak terdapat tombol apapun, dan di kanan terdapat tombol power/Bixby serta volume. Di bagian atas terdapat SIM Tray dan mic, dan di bawah terdapat speaker, USB-C, serta mic.

    Share
    ×
    tekid
    back to top