sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
Kamis, 12 Des 2019 16:05 WIB

Smartphone terbaik 2019 pilihan kami

Kami telah berdiskusi untuk memilah milih smartphone terbaik sepanjang 2019. Daftarnya bisa jadi berbeda dengan versi Anda.

Smartphone terbaik 2019 pilihan kami

Industri smartphone Tanah Air sepanjang 2019 sangat menarik karena banyak hal baru. Selain produk baru, ada juga vendor baru yang berlomba menawarkan smartphone terbaik bagi pelanggan. Ada pula vendor yang timbul tenggelam, sehingga eksistensinya tak begitu kentara.

Kami telah mencoba, menguji dan membandingkan berbagai smartphone yang meluncur tahun ini, tentunya dari berbagai merek. Pengujian yang kami lakukan adalah kombinasi antara pengalaman penggunaan dan hasil benchmark sintetis. Kami mengedepankan jurnalisme sudut pandang orang pertama. Dengan demikian, penilaian berdasarkan pengalaman penggunaan bisa berbeda antara satu orang dengan yang lain, walaupun produknya sama.

Dalam hal benchmark sintetis, kami menekankan konfigurasi yang serupa pada setiap produk. Begitu juga penggunaan beberapa alat ukur untuk mendapatkan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk menguji kinerja perangkat, kemampuan grafis dan daya tahan baterai, kami menggunakan aplikasi yang meliputi: Basemark OS 11, GFX Bench, Andro Bench, 3D Mark, PC Mark, dan Game Bench. Software-software tersebut merupakan standar banyak penguji dan media teknologi lain secara global.

Akhirnya, setelah proses diskusi bersama seluruh tim redaksi, kami pun sepakat untuk membagi delapan kategori. Kategori-kategori ini kami bagi berdasarkan harga yang berpatok pada standar International Data Corporation (IDC) mengenai kategori smartphone. Dengan begitu, meski vendor smartphone menganggap bahwa produk mereka adalah flagship, pada kategori kami belum tentu masuk kategori tersebut.

Selain itu, ada kategori lain yang kami ukur di luar rentang harga standar IDC, seperti kategori best camera yang berfokus pada penilian terhadap uji dan kualitas kameranya. Ada pula best value, yang pemenangnya kami pilih berdasarkan kesesuaian price to value yang ditawarkan ke konsumen memang sangat menarik.

Kategori lain seperti best gaming pun kami anggap perlu ada, mengingat smartphone gaming dan industri mobile gaming ini mulai meramaikan pasar smartphone Tanah Air di 2019. Lalu, ada pula kategori All Around yang menjadi pilihan redaksi berdasarkan penilaian pada aspek-aspek inovasi, desain, fungsi, dan spesifikasinya paling layak untuk jadi smartphone pilihan pengguna.

Memang, ada beberapa smartphone yang sangat menarik untuk dibahas, tapi tidak masuk nominasi kami, seperti iPhone 11. Kategori perangkat ini kami anggap berada di luar merek-merek yang sudah kami uji sebelumnya. Lalu, ada Google Pixel 4 yang selayaknya masuk nominasi, tapi memang ketersediaan produknya secara resmi di Indonesia belum ada hingga sekarang. Ditambah lagi, kami pun belum pernah mengujinya di redaksi, sehingga kedua produk tersebut tidak kami masukkan dalam nominasi kali ini.

Berdasarkan data dan hasil uji kami tersebut, dengan rendah hati kami persembahkan jajaran smartphone terbaik yang mewarnai perjalanan tahun 2019 ini. 

Best Flagship: Galaxy Note 10 plus

Best flagship 2019 Tek.id

Di kategori smartphone flagship (di atas Rp10 juta), Galaxy Note 10 Plus menjadi pilihian teratas kami. Kami memuji kemampuannya dalam mendukung produktivitas pengguna berkat dukungan S Pen. Demi menggali sudut pandang lain dari flagship ini, kami pun berkolaborasi dengan ilustrator profesional untuk bekerja langsung dengan Samsung Galaxy Note 10 Plus. Tidak semua smartphone flagship menawarkan kemewahan ini, sehingga kami anggap Note 10 Plus satu langkah di depan produk lainnya. Tak hanya dari sisi performa, smartphone ini juga menawarkan kamera yang apik dengan hasil yang memukau. 
 

Best High End: Huawei P30

Best high-end 2019 Tek.id

Di kategori high-end (Rp5,6 - Rp9,9 juta), persaingannya juga cukup ketat. Huawei P30 mencuri perhatian kami karena kualitas fotografinya yang sangat baik.

Huawei P30 juga membawa spesifikasi yang mampu menyamai kemampuan smartphone flagship, smartphone dengan harga lebih tinggi dari Huawei P30. Oleh karena itulah, di kelas high-end, Huawei P30 menjadi pilihan kami.

Best Mid-range: Realme XT

Best mid-range 2019 Tek.id

Kategori mid-range (Rp2,9 - Rp5,5 juta), merupakan kategori paling ketat dengan calon nominasi paling banyak. Ada 20 smartpohne yang bersaing di kategori ini,

Realme XT menjadi manifestasi dari produk kelas menengah ideal. Tampil dengan desain stylish dan cocok untuk pengguna millenial, perangkat ini serba bisa. Hasil uji performanya menunjukkan perangkat ini dapat diandalkan, kamera utama beresolusi 64MP dengan ketiga kamera pendukung yang multifungsi, juga bukan sekadar gimmick. Teknologi pengisian cepat 20 watt juga jadi poin penting yang memenangkan realme XT di kategori mid-range. Oleh karenanya layak kalau kami nobatkan smartphone ini sebagai smartphone terbaik 2019 di kelas menengah.

Best entry-level: Redmi Note 8

Best entry-level 2019 Tek.id

Untuk smartphone terbaik 2019 di kelas entry-level (Rp1,4 - Rp2,8 juta), pilihan kami jatuh pada Xiaomi Redmi Note 8. Tidak mudah untuk menentukan di kelas entry-level, karena ada 15 smartphone yang tidak boleh kita lewatkan. Namun begitu, Redmi Note 8 seperti bersinar di kelas ini. Dengan harga terjangkau, Redmi Note 8 menawarkan performa dan fitur di atas kelas entry-level. Tentu,ini berkat dukungan prosesor Snapdragon 665, RAM 6GB dan penyimpanan 128GB.

Kamera smartphone ini juga menawarkan konfigurasi sensor yang mumpuni mencakup kamera beresolusi 48 MP, lensa ultra lebar 8 MP, lensa makro beresolusi 2 MP, dan satu lagi kamera untuk efek bokeh atau depth sensor. Poin-poin inilah yang membuat kami mengganjarnya dengan penghargaan terbaik.

Best Camera: Galaxy Note 10 Plus

Best camera smartphone 2019 Tek.id

Seperti yang kami utarakan sebelumnya, ada kategori khusus yang kami buat di luar kategori berdasarkan harga. Tahun ini, persaingan kamera smartphone semakin tajam. Jumlah kamera belakang terus bertambah dengan ragam kemampuan yang meningkat. Tidak mudah untuk menentukan siapa pemilik kamera terbaik di 2019 ini.

Poin penting yang membuat Galaxy Note 10 Plus menang di kategori ini adalah hadirnya fitur Super Steady yang membuat perekaman video tampak begitu stabil seperti menggunakan gimbal.

Sejauh pengalaman kami menggunakan Galaxy Note 10 Plus, kualitas foto dan videonya memang tidak main-main. Kami bisa menggunakannya dengan mudah untuk membuat video cinematic. Apalagi, di dalam Galaxy Note 10 Plus ini sendiri sudah tersedia aplikasi editing video yang memudahkan videografer untuk mengolah hasilnya langsung lewat smartphone. Terlepas dari itu, SPen di Galaxy Note 10 Plus juga optimal memainkan perannya sebagai aksesori pendamping yang sangat bermanfaat untuk merekam gambar.

Best Value: Huawei Nova 5T

Best value 2019 Tek.id

Kategori best value kami hadirkan untuk menjawab pertanyaan semua pengguna. Smartphone manakah yang memiliki harga paling sesuai dengan performa dan fitur yang ditawarkannya. Harga Nova 5T sebenarnya masuk kategori high-end (Rp5,6 - Rp9,9 juta). 

Fitur penting Nova 5T sudah seperti fitur di dalam smartphone flagship. Di sisi desain, ada punch hole untuk kamera selfie, pendekatan kamera punch hole ini sendiri baru diterapkan pada Samsung Galaxy S10 dan Nova 5T. Poin lain yang menjadi pertimbangan adalah spesifikasi kelas atas, adanya empat kamera utama dengan dukungan AI, gyro-EIS, fast charging 22,5 W, serta beberapa fitur lain, seperti NFC untuk kebutuhan transaksi digital.

Oleh karena itu, Nova 5T kami nobatkan sebagai Best Value Smartphone 2019.

Best Gaming: BlackShark 2 Pro

Best gaming 2019 Tek.id

BlackShark 2 Pro layak dipanggil sebagai smartphone gaming 2019. Memang, kategori ini masih belum banyak pesaingnya. Meski sedikit, pesaingnya pun kelas berat. Pengalaman kami bermain gim di smartphone ini sangat menyenangkan. Begitu juga dengan pengalaman menggunakan kameranya yang sepadan dengan kualitas smartphone high-end lainnya.

Best All Around: Oppo Reno2

Best All Around 2019 Tek.id

Oppo Reno2 merupakan salah satu favorit kami sepanjang 2019 ini. Reno merupakan jaminan inovasi di industri smartphone. Tanpa ada Reno, tren telephoto di smartphone mungkin masih sekadar wacana semata. Produk inilah yang menginspirasi vendor lain untuk menciptakan desain kamera berkemampuan tele (jarak jauh), tapi tetap menjaga desain smartphone agar tipis.

Tidak cuma itu, Oppo Reno2 meningkatkan lagi pengalaman videografi di dalam sebuah smartphone dengan cara yang fun, praktis, dan tentunya memikirkan aspek audio juga multimedia yang selama ini dikesampingkan vendor lain. Di sisi performa, smartphone ini hadir dengan Snapdragon 730G yang merupakan chipset yang rancangan khusus untuk mendukung aktivitas bermain gim.

Pengalaman kami, Oppo Reno 2 terasa unggul dan stabil dalam mengelola suhu, meski harus menjalankan aplikasi berat seperti gim PUBG Mobile. Desain, inovasi, multimedia, dan game menjadi satu. Itulah yang membuat kami memberikan penghargaan tertinggi kepada Oppo Reno2 dari segala aspek (All Around).

Editor
Share
×
img
×
tekid
back to top