sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 23 Okt 2019 08:09 WIB

Realme XT, penerus realme X yang Tawarkan 64MP Quad Camera serba bisa

Dibekali empat kamera dengan resolusi utama 64MP, realme XT hadir sebagai penerus kesuksesan realme X yang ingin membawa para penggunanya ke era baru fotografi mobile.

Realme XT, penerus realme X yang Tawarkan 64MP Quad Camera serba bisa

Dibekali empat kamera dengan resolusi utama 64MP, realme XT hadir sebagai penerus kesuksesan realme X yang ingin membawa para penggunanya ke era baru fotografi mobile. Untuk membuktikan hal tersebut, tim Tek.id berkesempatan untuk mereview realme XT kurang lebih selama satu minggu ini. 

Desain yang menyasar pengguna kekinian

realme XT tampil dengan layar cukup lega berukuran 6,4 inci, dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dengan aspek rasio 19,5:9. Layarnya menggunakan panel Super AMOLED yang dilindungi dengan desain kaca melengkung 3D oleh Corning Gorilla Glass 5. Dengan panel tersebut, realme XT sudah mendukung pemindai sidik jari pada layar atau in-display fingerprint.

Smartphone ini masih tampil dengan notch minidrop untuk menempatkan kamera selfie beresolusi 16MP serta speaker dan bezel yang sangat tipis. 

Pada sisi kiri terdapat tombol volume dan slot kartu memori bersama dua slot kartu SIM, dengan tombol power yang terletak di bagian kanan bodi dengan aksen gold kekuningan. Sementara di sisi bawah bisa ditemukan lubang speaker, port USB Type-C yang mendukung VOOC Flash Charge 3.0 20W, dan jack headphone 3,5 mm. 

Bergerak ke bagian belakangnya, realme XT meneruskan konfigurasi empat kamera yang tersusun secara vertikal dan dilengkapi LED flash. Untuk tampilan back cover, pada seri ini realme menawarkan dua pilihan warna Pearl White dan Pearl Blue. 

Desain bodinya terlihat cukup stylish dan kekinian dengan pola guratan cahaya hiperbola. Smartphone ini memiliki bobot sekitar 183 gram sehingga terasa sedikit agak berat. 

Performa mumpuni untuk apa saja

Setelah berbicara desain, kini beralih ke bagian performanya. realme XT ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE dengan GPU Adreno 616. Untuk besaran RAM dan kapasitas internalnya yakni 4GB/8GB dengan kapasitas memori internal 128 GB. 

Bila opsi kapasitas tersebut masih terasa kurang maka Anda tak perlu khawatir, karena realme memungkinkan perluasan memori hingga 256 GB menggunakan microSD. Oh iya, realme XT juga telah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan interface ColorOS 6.  

Fitur yang ditawarkan ColosOS 6 ini cukup kaya. Sederet fitur andalan seperti Game Space, Smart Driving dan Smart Riding, realme Share, App Management, Clone Apps, App Split-Screen dan Smart Sidebar juga tetap hadir di realme XT ini.

Memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh, smartphone ini bisa menemani kami hampir seharian untuk penggunaan banyak aktivitas. Seperti menonton video, selfie, bermain media sosial, dan mendengarkan lagu. 

Kerennya, smartphone ini juga didukung dengan pengisian daya cepat 20W (VOOC Flash Charge 3.0), sehingga kami tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi dayanya hingga penuh. 

Untuk mendapatkan gambaran kemampuan dari realme XT, kami melakukan beberapa pengujian menggunakan aplikasi benchmark, seperti 3D Mark, AnTuTu Benchmark, PC Mark, Geekbench 5, AndroBench dan Gamebench. 

Untuk pengujian baterai menggunakan PCMark Battery Life, smartphone ini mampu bertahan hingga 13 jam 58 menit. Sementara pada pengujian Work 2.0 Performance, realme XT memperoleh skor 6663. 

Pada pengujian grafis menggunakan Sling Shot dan Sling Shot Extreme di 3D Mark, realme XT berhasil menorehkan skor 3030 dan 2101.

Untuk pengujian AnTuTu Benchmark, skor yang didapatkan 162190. Pada pengujian Geekbench 5, realme XT menghasilkan skor 319 untuk single-core dan 1486 untuk multi-core. Sementara pengujian OpenCL menghasilkan skor 945. 

Sementara dari kemampuan baca tulis memori, realme XT juga memiliki kemampuan sequential read 490.16 MB/s dan sequential write 187.12 MB/s di pengujian AndroBench. 

Kamera rasa flagship

Pada bagian belakang terdapat empat kamera dengan resolusi yang berbeda. Kamera utamanya memiliki resolusi 64MP (wide) dengan aperture f/1.8 menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 , kamera ultra-wide 8MP dengan aperture f/2.3, kamera ultra-macro 2MP dengan aperture f/2.4, dan depth sensor 2MP dengan aperture f/2.4. 

Tak ketinggalan, keempat kamera tersebut juga dilengkapi LED flash untuk memaksimalkan hasil gambar pada kondisi minim cahaya. Sedangkan kamera selfienya beresolusi 16MP dengan aperture f/2.0 menggunakan sensor Sony IMX471.

realme membekali kamera depannya dengan beragam fitur yakni HDR, filter warna, Panorama, Time-Lapse, AI Beauty dan Portrait. Pada fitur AI Beuty kami bisa melakukan banyak penyesuaian, mulai dari kehalusan wajah, ketirusan wajah, mengecilkan wajah, mengecilkan dagu, membesarkan mata, mengecilkan hidung, touch-up, dan 3D. 

Kami cukup menyukai hasil gambar menggunakan fitur AI Beauty ini karena tidak begitu lebay dan mengubah wajah secara natural. Kami juga bisa memadukan fitur tersebut dengan filter warna, yang membuat hasil selfie saya menjadi lebih seru dan ciamik. 

Oh iya, kami juga mencoba fitur Portrait-nya. Hasil gambarnya cukup baik karena gambar terlihat cukup detail. Hanya saja, fitur Portrait menurut kami masih kurang rapi dalam memberikan efek bokeh. Ini terlihat dari rambut yang masih mendapatkan efek blur. 

Untuk kamera belakangnya, realme ingin membawa pengalaman fotografi hingga ke titik tertinggi dengan menawarkan banyak fitur yang lebih beragam. Seperti fitur ultra-wide, filter warna, Portrait, Ultra 64MP, Nightscape, Panorama, Expert, Time-Lapse, Chroma Boost, AI Beauty, HDR, Slo-Mo, dan ultra-macro. 

Untuk hasil Portrait-nya, realme XT mampu memberikan efek bokeh secara rapi, meski detailnya kurang cukup baik. Sedangkan hasil Ultra 64MP mampu menghasilkan gambar yang ciamik karena mampu membuat blur latar belakang dan menghasilkan gambar yang cukup detail. 

Kami  juga mencoba fitur ultra-wide yang digabungkan dengan Chroma Boost. Tentunya gambar menjadi terlihat lebih luas dan menampilkan warna yang lebih terang. 

Sementara hasil jepretan Ultra-Macro terlihat maksimal dari jarak 4cm. Mode Ultra-Macro ini mampu menghasilkan gambar yang jelas meski dalam jarak dekat. Untuk AI Beauty-nya mampu menampilkan efek cantik yang tidak terlalu lebay dengan hasil gambar yang cukup jelas.

Kesimpulan 

Bagi kami, realme XT tampil dengan desain stylish yang cocok untuk pengguna kekinian yang membutuhkan perangkat serba bisa  seperti misalnya performa yang dapat diandalkan, 64MP dengan ketiga kamera pendukung yang multifungsi, serta pengisian cepat 20 wat, namun tetap stylish dengan penampilan mereka. 

Menurut kami meskipun bodi smartphone terasa bongsor, hal itu terbayar dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Fitur in-display fingerprint dan Face Recognition-nya dapat diandalkan dengan baik karena mampu membuka layar secara cepat. Bukan hanya itu, baterainya mampu bertahan hampir seharian dan pengisian dayanya yang cukup cepat. 

Berbicara kameranya, kami menyukai hasil selfie menggunakan AI Beauty karena menampilkan efek cantik yang tidak begitu lebay dan tidak mengubah wajah berlebihan. Sedangkan kamera belakangnya, kami menyukai fitur Ultra 64MP karena mampu menghasilkan gambar yang ciamik dan cukup detail. 

Bagi kamu yang tidak sabar ingin mencoba kamera 64MP, dapat menunggu penjualan kilat realme XT di hari yang sama dengan hari peluncurannya, yaitu 23 Oktober 2019 secara online.

Editor
Share
×
tekid
back to top