sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 15 Nov 2023 14:58 WIB

Siap jadi aplikasi alternatif Twitter, apa itu Bluesky?

Aplikasi Bluesky saat ini masih dalam tahapan beta dan memerlukan undangan untuk dapat bergabung ke dalamnya.

Siap jadi aplikasi alternatif Twitter, apa itu Bluesky?

Sudah lebih dari setahun sejak Elon Musk membeli Twitter, sekarang X, yang mengarahkan orang-orang untuk mencari aplikasi alternatif seperti Mastodon, Post, Pebble (yang telah menutup operasinya) dan Spill telah ditampilkan sebagai pengganti potensial. Namun jauh di antara itu Threads dari Meta adalah alternatif terbaik bagi para pengguna internet sejauh ini.

Mengikuti jalan Threads, kini sebuah aplikasi muncul dengan konsep yang sama muncul dengan pertumbuhan yang cepat. Aplikasi ini disebut Bluesky, yang sejauh ini masih menggunakan sistem undangan dalam versi beta, tetapi hype-nya semakin meningkat.

Berdasarkan toko aplikasi Google Play Store, Bluesky telah diunduh lebih dari satu juga kali. Rata-rata aplikasi ini mendapatkan sekitar sekitar 8.300 penginstalan pertama kali per hari pada Juli 2023, meskipun sejak saat itu mereka belum merilis pembaruan substansial pada data unduhan.

Dan seiring Musk membuat lebih banyak perubahan yang kurang menguntungkan pada X, Bluesky menerima imbasnya dengan sering kali mencatat rekor penggunaan, dilansir dari TechCrunch (15/11).

Kode undangan yang orang-orang butuhkan untuk bergabung ke Bluesky pun semakin mudah diakses karena semakin banyak orang yang bergabung dengan aplikasi ini.

Meskipun mereka yang ingin bergaung membutuhkan kode undangan selama peluncuran situs (bahkan sampai membelinya di eBay), kode undangan menjadi jauh lebih mudah diakses karena semakin banyak orang yang bergabung dengan aplikasi ini.

Bagaimana cara menggunakan Bluesky?

Setelah diundang, pengguna membuat pegangan yang kemudian direpresentasikan sebagai @namapengguna.bsky.social serta nama tampilan yang tampil lebih menonjol dalam teks tebal. Jika Anda menginginkannya, Anda dapat mengubah nama domain yang Anda miliki menjadi nama pengguna Anda.

Aplikasinya sendiri berfungsi seperti Twitter sederhana, di mana Anda dapat mengklik tombol plus untuk membuat postingan sebanyak 256 karakter, yang juga dapat menyertakan foto.

Postingan itu sendiri dapat dibalas, di-retweet, disukai, dan dari menu tiga titik, postingan dapat dilaporkan, dibagikan melalui iOS Share Sheet ke aplikasi lain, atau disalin sebagai teks.

Anda dapat mencari dan mengikuti orang lain, lalu melihat pembaruan mereka di linimasa “Home” Anda. Sebelumnya, aplikasi Bluesky akan menampilkan postingan populer di feed “What’s Hot”. Namun, itu diganti dengan umpan “Discover” yang algoritmik dan dipersonalisasi, yang menampilkan lebih dari sekadar konten yang sedang tren.

Ada juga tab “Discover” di tengah bawah navigasi aplikasi, yang menawarkan lebih banyak saran “siapa yang harus diikuti” dan feed pembaruan Bluesky yang baru-baru ini diposting.

Share
×
tekid
back to top