sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Selasa, 21 Apr 2020 12:49 WIB

Sega Saturn dan Dreamcast bisa dimainkan kembali menggunakan SSD

Cukup memasukkan Multi Optical Disc Emulator ke konsol yang dimaksud, kemudian sistem membaca ROM dari media penyimpanan, dan meneruskan data ke konsol untuk diproses.

Sega Saturn dan Dreamcast bisa dimainkan kembali menggunakan SSD

Konsol berbasis cakram klasik bisa dibilang cukup kuno. Saat drive optiknya tidak dapat membaca lagi, konsol tersebut dianggap tidak dapat dimainkan. Para gamer yang merindukan judul gim seperti Panzer Dragoon Saga dan Power Stone mungkin ingin melakukan perbaikan pada konsol Sega Saturn atau Dreamcast.

Dilansir dari Engadget (21/4), ada solusi baru yang akan memungkinkan alternatif lain jika drive optik rusak, tanpa harus menyolder bagian-bagian tertentu dari konsol. The Terraonion MODE – Multi Optical Disc Emulator – cukup dimasukkan ke konsol yang dimaksud, kemudian sistem akan membaca ROM dari media penyimpanan, dan meneruskan data ke konsol untuk diproses.

Mengganti cakram optik dengan media penyimpanan yang lebih modern bukanlah ide baru. Sebuah perusahaan kecil bernama GDEMU telah membuat perangkat serupa untuk Sega Saturn dan Dreamcast sejak tahun 2015. Namun, cara tersebut tidak terlalu berhasil – hanya mendukung revisi konsol tertentu, beberapa chip perlu disolder ke konsol dan, produk itu sangat langka.

Terraonion, yang telah mengirim bermacam-macam sistem untuk Neo-Geo dan Sega Genesis, bertujuan untuk membuat emulator cakram optik yang bekerja dengan semua model Saturn dan Dreamcast, serta mudah diperoleh dan diinstal. Firmware MODE-nya sama untuk kedua konsol tersebut, artinya pengguna dapat memesan satu perangkat yang akan berfungsi untuk konsol mana pun.

Modul tersebut memiliki sistem pulg-and-play, jadi setelah drive optiknya dilepas, memasang MODE sangat mudah dilakukan. Perangkat ini mendukung kartu SD, SSD 2.5 inci dan HDD, dan flashdisk yang dapat menjalankan dan memuat berbagai file ROM. Proses pemuatan (loading) gim juga dikabarkan lebih cepat jika dibandingkan saat menggunakan media cakram.

Share
×
tekid
back to top