sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Selasa, 23 Jan 2024 07:45 WIB

Seagate umumkan HDD Exos 30 TB dengan teknologi Mozaic 3+

Seagate telah meluncurkan hard drive Exos 30 TB baru yang memanfaatkan teknologi Mozaic 3+ eksklusif milik mereka sendiri.

Seagate umumkan HDD Exos 30 TB dengan teknologi Mozaic 3+

Seagate telah meluncurkan hard drive Exos 30 TB baru yang memanfaatkan teknologi Mozaic 3+ eksklusif milik mereka sendiri. Exos 30 TB adalah perangkat kelas enterprise dengan Mozaic 3+ sebagai sorotan utamanya. Dilansir dari Gizmochina (23/1), teknologi ini memungkinkannya untuk mengemas 30 TB informasi ke dalam piringan magnetis yang berputar ke dalam hard disk.

Kunci dari tingginya kepadatan ini terletak pada beberapa kemajuan teknologi. Pertama, Mozaic 3+ menggantikan media magnetik paduan besi tradisional dengan nanopartikel paduan platinum yang lebih kecil dan lebih padat. Hal ini memungkinkan lebih banyak data disimpan dalam ruang fisik yang sama, seperti menulis lebih banyak kata pada halaman tanpa menambah ukurannya.

Namun, menulis dan membaca data pada skala mikroskopis ini menghadirkan tantangan tambahan. Untuk mengatasi hal ini, Mozaic 3+ menggunakan proses penulisan berbantuan laser, di mana sinar terfokus memanaskan area tertentu untuk memfasilitasi pembentukan bit magnetik. Metode ini memerlukan lebih sedikit energi dibandingkan metode menulis tradisional.

Membaca bagian-bagian yang padat ini menuntut ketelitian yang luar biasa. Mozaic 3+ menggunakan pembaca magnetik yang sangat sensitif yang dapat mendeteksi perubahan halus dalam magnet yang mewakili setiap bit. Selain itu, pengontrol RISC-V yang kuat memastikan posisi kepala yang akurat dan pemrosesan data berkecepatan tinggi.

Selain kapasitasnya yang mengesankan, Exos 30 TB juga menawarkan konsumsi daya yang lebih rendah, sehingga menarik bagi pusat data yang berfokus pada efisiensi energi. Meskipun saat ini ditargetkan untuk kalangan bisnis, versi konsumen diharapkan hadir di masa depan, yang berpotensi menawarkan kemungkinan penyimpanan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi pengguna rumahan.

Exos 30 TB juga bukan sekadar soal angka yang lebih besar. Hal ini mewakili langkah signifikan menuju hard disk yang lebih besar, dengan Seagate menargetkan kapasitas 50 TB+ dalam waktu dekat.

Share
×
tekid
back to top