sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Selasa, 16 Apr 2024 19:59 WIB

Samsung dapat hibah CHIPS Acts senilai $6,4 miliar untuk bangun ekosistem semikonduktor di Texas

Samsung mendapatkan hibah CHIPS Act senilai $6,4 miliar untuk membangun 'ekosistem semikonduktor' di Texas.

Samsung dapat hibah CHIPS Acts senilai $6,4 miliar untuk bangun ekosistem semikonduktor di Texas

Pemerintahan Biden baru saja mengumumkan perjanjian awal untuk memberikan hibah kepada Samsung hingga $6,4 miliar sebagai bagian dari pendanaan CHIPS Act. Uang ini akan melengkapi investasi swasta senilai $44 miliar yang telah dijanjikan perusahaan untuk dibelanjakan di negara bagian tersebut guna membangun “ekosistem semikonduktor.”

Uang ini akan digunakan untuk menyelesaikan kampus “terdepan” di Taylor, Texas yang akan fokus pada penelitian dan pengembangan teknologi logika canggih, manufaktur, dan, mungkin yang paling penting, pengemasan. Terkait chip, pengemasan mengacu pada penyediaan daya, masukan dan keluaran.

Dilansir dari Engadget (16/4), ini adalah proses yang sangat terspesialisasi yang biasanya dilakukan di luar negeri, yang berarti bahkan chip yang dibuat di wilayah AS harus dikirim ke negara lain dan kemudian dikirim kembali. Fasilitas pengemasan khusus Samsung akan menghilangkan beberapa masalah ini dan memperkuat rantai pasokan secara keseluruhan.

Dana tersebut juga akan digunakan untuk perluasan fasilitas Samsung yang sudah ada sebelumnya di Austin. Taylor dan Austin hanya berjarak 40 menit satu sama lain, membuat pemerintahan Biden menyatakan bahwa kombinasi kedua fasilitas tersebut akan mengubah “kehadiran Samsung yang ada di Texas menjadi ekosistem yang komprehensif untuk pengembangan dan produksi chip terdepan di Amerika Serikat.” Presiden juga mengatakan hal ini akan menciptakan 21.500 lapangan kerja bagi warga Texas, dengan $40 juta disisihkan untuk pelatihan.

CHIPS and Science Act telah menawarkan wewenang kepada pemerintah federal untuk memberikan pendanaan dan menawarkan pinjaman kepada perusahaan teknologi untuk mendorong belanja dalam negeri. GlobalFoundries menerima hibah sebesar $1,5 miliar pada bulan Februari untuk membantu ekspansi besar-besaran, selain mendapatkan pinjaman $1,6 miliar. Perusahaan tersebut berencana menghabiskan uang tersebut di Malta, New York untuk membangun fasilitas fabrikasi baru yang memproduksi chip untuk industri otomotif, dirgantara, pertahanan, dan AI.

Intel baru-baru ini menerima hibah CHIPS terbesar hingga saat ini, yang mengumpulkan hingga $8,5 miliar untuk melanjutkan berbagai usaha yang berbasis di AS. Intel berencana menggunakan uang tersebut untuk membangun beberapa pabrik baru yang memproduksi chip semikonduktor untuk industri AI. Mereka sedang membangun dua fasilitas fabrikasi baru di Arizona dan dua lagi di Ohio.

Intel juga akan menggunakan keuntungan finansial tersebut untuk memodernisasi sepasang pabrik yang sudah ada sebelumnya di New Mexico dan satu di Oregon. Perusahaan tersebut mengatakan akan menginvestasikan $100 miliar pada manufaktur chip yang berbasis di AS, yang akan menghasilkan masuknya sekitar 30.000 lapangan kerja.

Presiden Biden menandatangani Undang-Undang CHIPS dan Sains menjadi undang-undang pada tahun 2022 untuk mendorong penelitian dan manufaktur semikonduktor dalam negeri guna mengurangi ketergantungan Amerika pada pemasok Tiongkok. Secara keseluruhan, mereka menyisihkan $52 miliar dalam bentuk kredit pajak dan pendanaan bagi perusahaan untuk memperluas produksi di Amerika.

Share
×
tekid
back to top