sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
Kamis, 07 Mei 2020 12:31 WIB

Sambut Intel Comet Lake-S, ASUS perkenalkan 15 motherboard baru

Kali ini ASUS tampaknya terlalu antusias menyambut kehadiran prosesor Intel Comet Lake-S dengan meluncurkan 15 motherboard baru. Pengguna pun sepertinya akan dibuat pusing dengan banyaknya jajaran motherboard yang ditawarkan oleh mereka.

Sambut Intel Comet Lake-S, ASUS perkenalkan 15 motherboard baru
Motherboard ASUS Intel Comet Lake-S

Pekan lalu, Intel baru saja memperkenalkan secara resmi prosesor terbaru mereka, yakni seri Intel Core gen-10 Comet Lake-S. Prosesor ini memiliki soket baru yakni LGA1200, bukan menggunakan LGA 1151 di generasi sebelumnya.

Untuk menyambut prosesor baru ini, ASUS akan memperkenalkan jajaran motherboard baru mereka. ASUS tampak sangat antusias menyambut kehadiran prosesor ini, dengan meluncurkan 15 motherboard sekaligus.

Mereka memperkenalkan semua jajaran motherboard Intel Comet Lake-S compatible, yang mana ke-14 motherboard ini hanya memiliki chipset Z470 saja. Pengguna pun pasti kebingungan memilih motherboard “premium” mana yang sesuai dengan kantong mereka.

Yang pertama ada ASUS ROG Maximus XII Extreme. Motherboard ini hadir dengan chipset Z470 dengan pendinginan VRM yang diklaim terbaik. Terdapat juga NVMe dalam slot 4 x M.2 serta port USB 3.2 Gen 2x2 Type-C di motherboard ini.

Pengguna juga akan mendapatkan semua kemampuan Intel Z470 chipset, seperti Ethernet 2.5Gb yang digabungkan juga dengan kontroler Aquantia 10GbE. Tak ketinggalan, terdapat juga Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1 di motherboard ini.

Ada juga ROG Maximus XII Apex, yang menjanjikan performa overclock yang sangat baik namun tidak memiliki semahal ROG Maximus XII Extreme. Asus mengklaim, berkat kehadiran desain OptiMem III pengguna dapat mengatur kecepatan RAM mereka hingga ke 5000MHz.

Sedangkan untuk Maximus XII Formula, ini merupakan salah satu dari beberapa motherboard “high end entry level” dari ASUS. Mereka menawarkan dukungan dua slot M.2 yang diberikan heatsink untuk tetap dapat bekerja dalam suhu optimal.

Pengguna juga akan mendapatkan perpaduan ethernet 10Gb dan 2.5Gb, Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1, serta dukungan AI Cooling dan AI Networking suite dengan teknologi GameFirst VI untuk mendapatkan performa terbaik.

ASUS juga menawarkan jajaran ROG Maximus XII Hero (Wi-Fi). Motherboard ini hadir dengan dukungan Ethernet 5Gb, adapter Intel Wi-Fi 6 dan sebuah port Ethernet Gigabit ekstra. AI Overclocking juga dapat membantu pengguna mendapatkan performa terbaik, serta ada juga dukungan OptiMem III yang dapat menjalankan RAM di kecepatan 4800MHz.

ROG Strix Z490-E dan Z490-F Gaming menawarkan kontrol daya yang sangat baik untuk para penggemar overclock. Strix-E memiliki tingkatan daya 14+2, sedangkan Strix-F memiliki tingkatan daya 12+2. 

Ada juga ROG Strix Z490-I Gaming. Motherboard ini menawarkan 13 port USB yang siap dihubungkan dari header internal dan port eksternal, termasuk tiga port Type-A dan konektor Type-C USB 3.2 Gen 2 pada panel belakang.

Beralih ke ROG Strix Z490-H Gaming, motherboard ini memiliki dukungan RAM hingga kecepatan 4600MHz. Motherboard ini juga memiliki tiga slot M.2, dengan salah satunya adalah slot M.2 E-key yang siap mengambil modul Wi-Fi 6 opsional. 

Pengguna juga akan mendapatkan dukungan port ethernet 2.5Gbps di motherboard yang katanya terjangkau ini.

Jika kalian tak suka motherboard berwarna hitam, ASUS juga punya ROG Strix Z490-A Gaming, yang memiliki warna putih. Jadi, para pengguna dapat membeli motherboard ini jika mereka memilih tema putih untuk komputer mereka.

Nah, kalau pengguna ingin memiliki motherboard WiFi 6 dengan harga terjangkau, ada ROG Strix Z490-G Gaming (Wi-Fi). Motherboard ini juga masih memiliki dukungan ethernet 2.5Gbps seperti seri lain.

Kepingin harga yang lebih terjangkau lagi? ASUS juga punya seri TUF Gaming Z490-Plus dan TUF Gaming Z490-Plus(Wi-Fi). Keduanya akan memiliki semua fitur premium, meski ada beberapa titik yang dikurangi. Tapi dukungan WiFi 6 dan ethernet 2.5Gbps tetap ada di perangkat ini.

Bagi kalian yang senang dengan tampilan “clean look” atau mencari motherboard untuk profesional, kalian dapat memilih ProArt Z490-Creator 10G. Terdapat dua konektor Thunderbolt 3 Type-C yang mampu mendorong kinerja hingga 40 Gbps, empat konektor USB 3.2 Gen 2 Type-A, dan dua port USB 3.2 Gen 1 Type-A yang merupakan surga bagi konten kreator.

Tiga slot PCIe x16 yang hadir memungkinkan pengguna untuk memasang hingga tiga kartu grafis hingga topologi jalur x8-x8-x4.. Perangkat ini juga akan mendapatkan dukungan ethernet 10Gbps dan 2.5Gbps serta ada dukungan WiFi 6 serta Bluetooth 5.1.

Tiga motherboard terakhir adalah Prime Z490-A, Prime Z490-P, dan Prime Z490M-Plus. Ketiga motherboard ini memiliki harga paling terjangkau dengan dukungan yang tak kalah dengan dengan seri lainnya.

Sayang, dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id, tidak disematkan berapa harga dari motherboard ini, yang diasumsikan akan memiliki harga yang cukup fantastis. Keseluruhan motherboard ini akan hadir pada akhir Mei 2020 mendatang.

Share
back to top