sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
Senin, 16 Mar 2020 06:58 WIB

Robot ini bisa bersihkan kerang menempel pada kapal laut

Robot tersebut tetap berada di atas kapal hampir sepenuh waktu, di stasiun portabel yang mencakup jalur peluncuran dan pemulihan kapal.

Robot ini bisa bersihkan kerang menempel pada kapal laut
Source: Semcon via New Atlas

Saat kapal laut melintasi perairan luas seperti samudera, pada lambungnya akan banyak menempel berbagai macam barnacle (teritip), kerang, ganggang, dan makhluk hidup artopoda lainnya. Tentu saja hal ini akan merepotkan pelayaran. Dilansir dari New Atlas (16/3), itulah sebabnya ada robot terbaru yang dikembangkan khusus untuk membersihkan teritip di lambung kapal.

Pertumbuhan organisme laut di lambung kapal dikenal sebagai biofouling, dan menimbulkan beberapa masalah utama. Yang paling utama adalah, dengan adanya teritip dan sebagainya, maka akan membuat kapal tidak lancar untuk memotong air. Ini berarti mesin kapal harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan kecepatan tertentu, sehingga menggunakan lebih banyak bahan bakar dan menghasilkan lebik banyak polusi.

Untungnya perusahaan asal Norwegia yang bernama Jotun telah berkolaborasi dengan perusahaan teknologi asal Swedia yang bernama Semcon, sehingga kedua perusahaan ini dengan mitra lainnya mengembangkan sistem Hull Skating Solutions

Ini dimulai dengan lapisan berbasis SeaQuantum Skate yang diterapkan pada lambung kapal. Selain dapat mencegah terbentuknya biofouling, ia juga dirancang untuk tidak dapat rusak oleh robot HullSkater, yang merupakan komponen utama sistem lainnya.

Robot tersebut tetap berada di atas kapal hampir sepenuh waktu, di stasiun portabel yang mencakup jalur peluncuran dan pemulihan kapal. Sistem ini berbasis internet – yang memantau status dan lokasi kapal, bersama dengan kondisi laut – memungkinkan lebih awal mengetahui kapan pembersihan lambung kapal harus dilakukan.

Setelah diaktifkan, HullSkater menempel pada bagian bawah kapal menggunakan empat roda magnetnya. Motor di masing-masing roda itu terus bergerak bersama, sementara sikat berputar di ujung depan terlebih dahulu untuk membersihkan kerang dan sebagainya secara langsung.

Robot tersebut tidak bekerja secara otonom, tetapi diujicobakan secara real-time oleh staf Jotun yang berlokasi di pusat operasi 24 jam. Mereka dipandu oleh output dan empat kamera. Kemudian data akan ditransfer ke receiver 4G di kapal, melalui kabel khusus. Proses pembersihan secara keseluruhan diinformasikan bakal memakan waktu dua hingga delapan jam, tergantung masing-masing kapal.

Share
×
tekid
back to top