sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Senin, 22 Apr 2024 13:02 WIB

Qualcomm Snapdragon X Series akan rilis 24 April, jadi saingan berat Intel dan AMD

Qualcomm telah membagikan video teaser singkat yang mengisyaratkan pengumuman besar untuk jajaran prosesor Snapdragon X.

Qualcomm Snapdragon X Series akan rilis 24 April, jadi saingan berat Intel dan AMD

Pengumuman besar Qualcomm berikutnya adalah jajaran prosesor Snapdragon X. Perusahaan ini secara resmi memperkenalkan Snapdragon X Elite, dan detail baru terus bermunculan. Selain itu, ada pembicaraan tentang Snapdragon X Plus yang akan ditargetkan pada notebook Windows berbasis ARM yang lebih terjangkau.

Dilansir dari Gizmochina (22/4), Qualcomm telah membagikan video teaser singkat yang mengisyaratkan pengumuman besar untuk jajaran prosesor Snapdragon X. Video yang diposting di akun resmi Snapdragon X menunjukkan chipset CPU yang berubah menjadi 3D “X” dengan teks “Nantikan 24/4.”

Qualcomm tidak secara langsung mengonfirmasi peluncuran Snapdragon X Elite dan X Plus dalam teasernya, namun spekulasi menunjukkan bahwa pengumuman besar memang akan terjadi pada 24 April.

Menambah bobot spekulasi tersebut adalah bocoran terbaru dari Lenovo Yoga Slim 7 yang dikabarkan akan menggunakan chip Snapdragon X Elite. Kabarnya, notebook Lenovo mendatang bisa menjadi yang pertama menampilkan SoC baru Qualcomm tersebut.

Chip Snapdragon X Elite sebelumnya disebut-sebut memiliki kemampuan AI khusus untuk PC, dengan kinerja NPU 45 TOPS yang mengesankan. Benchmark menunjukkan bahwa chip tersebut melampaui chip M3 Apple dengan selisih yang signifikan di Geekbench.

Yang mengejutkan, di Geekbench, performanya bahkan setara dengan Intel Core i7-13700HX, Core i9-13900H, dan chip mobile flagship terbaru AMD, yakni Ryzen 9 8945HS.

Jika angka-angka ini sesuai dengan kinerja sebenarnya, SoC baru Qualcomm dapat memberikan persaingan serius bagi para pemain industri yang sudah mapan.

Terlebih lagi, Qualcomm baru-baru ini memamerkan kehebatannya dalam perangkat lunak pengeditan video Davinci Resolve di acara demo. Bahkan ada rumor tentang fitur AI Windows 11 yang mungkin eksklusif untuk perangkat bertenaga Snapdragon X Elite.

Share
×
tekid
back to top