sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
Rabu, 09 Sep 2020 08:23 WIB

PUBG Mobile diblokir, Call of Duty raup lebih banyak pengguna

PUBG Mobile menjadi salah satu aplikasi yang diblokir di India. Karena hal itu, gim pesaingnya, Call of Duty: Mobile berhasil naik menjadi posisi teratas di India.

PUBG Mobile diblokir, Call of Duty raup lebih banyak pengguna

Sejak awal bulan ini, pemerintah India sudah mengumumkan pemblokiran atas 118 aplikasi asal Tiongkok di negaranya. Ini merupakan lanjutan pemblokiran awal sebanyak 59 aplikasi asal Tiongkok. Ini terjadi lantaran perselisihan perbatasan yang terjadi di antara kedua negara tersebut. 

Nah, salah satu aplikasi yang ikut diblokir adalah PUBG Mobile. Pasalnya gim battle royale ini merupakan salah satu gim yang dibuat dengan kerjasama antara perusahaan di Tiongkok dengan Korea Selatan. Gim ini sendiri dikembangkan oleh divisi internal Tencent. Berkenaan dengan pemblokiran itu, Sensor Tower melaporkan adanya perubahan jumlah unduh dan pendapatan beberapa aplikasi, baik di iOS maupun Android

Tiga aplikasi teratas dalam laporan Sensor Tower setelah pemblokiran di India adalah Garena Free Fire, Ludo King dan Call of Duty Mobile. Ini merupakan data unduhan yang dikumpulkan selama empat hari, dari 2 September hingga 5 September. Menariknya, dalam durasi yang singkat ini, Garena berhasil mengumpulkan jumlah unduhan sebanyak 2,1 juta. Sementara Ludo King sebanyak 1,52 juta unduhan. 

Dilansir dari Gizmochina (9/9), selama periode itu, Call of Duty berhasil mengumpulkan unduhan sebanyak 1,15 juta dari total unduhan yang diperoleh Garena. Gim ini sendiri sebenarnya sudah diunduh sebanyak 1,56 juga kali selama tiga puluh hari belakangan ini. Hal ini membuat Call of Duty Mobile menempati peringkat pertama di App Store. 

Cukup menarik untuk mengetahui bahwa Call of Duty Mobile merupakan proyek gabungan yang dikembangkan oleh Tencent Tianmei Studios dan Activision Blizzard. Padahal kondisi ini mirip dengan gim PUBG Mobile, yakni kerja sama antara Tencent dan PUBG Corporation 

Dalam hal keuntungan, Call of Duty: Mobile tampil sebagai aplikasi paling menguntungkan selama periode ini, yang diikuti oleh Garena Free Fire. Sementara itu, masih ada tiga gim lain yang dinilai paling menguntungkan, yakni Gardenscapes, Candy Crush Saga dan Coin Master.
 

Share
×
tekid
back to top