sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
Senin, 18 Mei 2020 13:57 WIB

Prosesor AMD Zen 3 tunjukkan performa 20 persen lebih cepat

Sebuah informasi yang bocor mengklaim ada peningkatan pada prosesor AMD Ryzen 4000 dengan basis Zen 3 yang akan memiliki performa 20 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Prosesor AMD Zen 3 tunjukkan performa 20 persen lebih cepat
Prosesor AMD

AMD dikabarkan saat ini sedang mengembangkan prosesor Ryzen generasi terbaru mereka yang didasarkan oleh arsitektur Zen 3. Prosesor ini dikabarkan akan memiliki performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya, meski masih menggunakan teknologi fabrikasi 7nm+.

Namun, hingga saat ini masih belum diketahui sebenarnya seberapa besar peningkatan performa yang akan didapatkan dari arsitektur tersebut. Belakangan ini, bocoran mengenai Ryzen 4000 yang didasarkan Zen 3 mencuat.

Dalam sebuah postingan dari situs Weibo, pembocor ulung Ice Universe mengatakan bahwa arsitektur Zen 3 merupakan sebuah terobosan besar, dan lebih besar dari yang sudah diantisipasi selama ini.

 

 

Dalam postingan tersebut, beberapa vendor rekanan AMD mengatakan sudah melihat performa dari prosesor Ryzen 4000. Keduanya menyebutkan, performa dari prosesor tersebut mampu melalpaui prediksi sebelumnya dengan lonjakan performa 15 hingga 17 persen, menjadi 20 persen lebih besar dari arsitektur sebelumnya, seperti dilaporkan Wccftech (18/5/2020).

Jika performa ini benar adanya, maka Intel harus benar-benar serius dalam mengembangkan prosesor mereka. Hal ini dikarenakan dalam teknologi fabrikasi, mereka telah ketinggalan cukup jauh dari AMD.

Hingga saat ini, Intel masih fokus dalam mengembangkan prosesor yang dapat berjalan di kecepatan tinggi. Memang, hal tersebut kemungkinan besar akan menjadi senjata ampuh untuk melawan AMD saat ini, namun di masa depan masih belum tentu akan berhasil.

Bagaimanapun juga, saat ini informasi mengenai prosesor tersebut masih berdasarkan rumor, yang seharusnya tidak kita tanggapi dengan serius. Semoga saja, kita bisa melihat prosesor Ryzen 4000 series dengan arsitektur Zen 3 tahun depan.

Share
back to top