Prosesor 12nm terakhir AMD adalah prosesor edisi 50 tahun AMD

Diperkirakan, Ryzen 7 2700X edisi 50 tahun AMD tersebut tidak akan memiliki perbedaan spesifikasi dengan Ryzen 7 7200X biasanya.

Prosesor 12nm terakhir AMD adalah prosesor edisi 50 tahun AMD

AMD diketahui akan segera meluncurkan prosesor 7nm pertama mereka melalui keluarga Ryzen generasi ketiga. Hal ini akan menjadi sebuah tonggak sejarah baru, dimana untuk pertama kalinya Intel tertinggal dalam hal pengembangan teknologi fabrikasi prosesor.

Namun, sebelum beralih ke prosesor 7nm, AMD dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah prosesor 12nm terakhir mereka. Bukan sebuah prosesor biasa, namun mereka mempersiapkan sebuah prosesor untuk merayakan ulang tahun perusahaan yang ke-50.


BACA JUGA

Dugaan mengapa AMD hentikan penjualan Radeon VII

AMD bantah berbagi teknologi ke perusahaan China

Tak hanya siapkan RX 5700 dan RX 5700 XT, AMD punya segudang GPU baru


Dalam sebuah bocoran melalui Wccftech (16/4/2019), mereka akan memproduksi ulang Ryzen 7 2700X sebagai prosesor spesial mereka. Alasan mengapa spesial adalah harga jual dari prosesor ini hanya sebesar USD340,95, lebih murah dari Ryzen 7 2700X standar.

Anehnya, meskipun menjadi sebuah prosesor spesial ulang tahun AMD, namun prosesor tersebut tidak akan dijual secara terbatas. Bahkan, salah satu retailer mengatakan bahwa mereka menerima 1.200 unit prosesor tersebut.

Meski demikian, prosesor ini akan diproduksi tak sebanyak biasanya, mengingat mereka mungkin sudah memulai lini produksi Ryzen generasi ketiga.

AMD's Anniversary Ryzen 7 2700X 50th Edition kemungkinan akan mempertahankan spesifikasi Ryzen 7 2700X standar. Prosesor ini akan datang dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Prosesor ini juga dikabarkan akan tetap memiliki kecepatan dasar 3,7GHz dan kecepatan boost hingga 4,5 GHz. TDP nya pun akan masih sama, yakni ada di angka 105W dan hadir dengan pendinginan Wraith Prism.

Sekadar informasi, beberapa tahun lalu, Intel juga pernah menerapkan strategi yang sama. Mereka meluncurkan sebuah prosesor edisi spesial untuk merayakan hari jadi mereka yang ke-40 tahun.

Intel merilis Core Anniversary i7-8086K Anniversary Edition tahun lalu, yang menandai 40 tahun sejak dirilisnya prosesor ikonik mereka yakni 8086 CPU. Berbeda dari prosesor standar yang sama, prosesor seri khusus ini memiliki kecepatan boost yang lebih tinggi, yakni mencapai 5GHz. Hal ini menjadikan prosesor tersebut sebagai prosesor 6 inti tercepat yang pernah dibuat oleh Intel.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: