sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Minggu, 20 Nov 2022 14:05 WIB

Proses kreatif di balik filter AR TikTok dengan Effect House

Filter AR di TikTok bisa dibuat dan ditambahkan ke dalam aplikasi oleh siapa saja menggunakan software Effect House.

Proses kreatif di balik filter AR TikTok dengan Effect House

Salah satu nilai tambah dari platform video pendek TikTok adalah memiliki banyak sekali filter yang memanfaatkan teknolgoi augmented reality (AR). Bukan sembarangan, filter AR di TikTok dapat memicu popularitas suatu konten, karena mampu menciptakan trennya sendiri. 

Mungkin Sahabat Tek sudah sering melihat kumpulan filter AR di halaman edit TikTok dan memakainya dengan mudah. Tapi, tahukah kalian bahwa filter AR ini sebenarnya bisa dibuat dan ditambahkan ke dalam aplikasi oleh siapa saja, loh.

Proses kreatif di balik pembuatan filter AR untuk TikTok tidak membutuhkan waktu yang panjang. Dijelaskan oleh Anita Indriyani (byanitaind), salah satu kreator Effect House, filter AR paling cepat selesai hanya dalam waktu satu hari.

Bagi yang belum tahu, Effect House merupakan software yang memungkinkan pengembang maupun kreator membuat filter AR, untuk ditambahkan ke TikTok. TikTok sendiri mengenalkan aplikasi ini secara resmi bagi penggunanya untuk membuat filter AR sendiri.

Kreator Effect House

Anita menambahkan, filter atau efek AR yang ia buat mengikuti sesuatu yang sedang populer di TikTok. Dengan demikian, TikTok dengan algoritmanya akan menyebarkan efek atau filter AR ini secara luas sehingga lebih banyak orang menggunakannya.

"Dari konten-konten yang populer di TikTok, kita recreate jadi sebuah efek, sampai bisa dipake semuanya," jawab Anita kepada Tek.id dalam sesi wawancara di Festival TikTok #SerunyaBelajar, di Jakarta (19/11).

Di samping itu, Thomas Asril yang juga kreator Effect House mengatakan inspirasi filter AR dapat datang dari mana saja, termasuk komentar netizen. 

Namun, filter AR yang sudah jadi tidak langsung dimuat di halaman TikTok begitu saja. Sebab, tim verifikasi TikTok harus memastikan bahwa filter tersebut mematuhi panduan komunitas, sama halnya dengan konten video di platform.

"Pastinya yang sesuai dengan panduan TikTok. Misalnya, tidak boleh mengandung SARA atau pornografi dan sebagainya," kata Thomas. 

TikTok sendiri membagikan panduan teknis bagi kreator dan pengembang dalam membuat filter AR di Effect House. Panduannya dapat Sahabat Tek lihat di sini. Effect House juga dapat diunduh secara gratis di PC ataupun laptop Windows/iOS.

Share
×
tekid
back to top