Penerbangan AS-London harus mendarat darurat gara-gara powerbank

Api dapat dipadamkan oleh awak pesawat, dan setelah mendarat penyelidik menemukan kabel yang menonjol dari daerah yang terkena dampak.

Penerbangan AS-London harus mendarat darurat gara-gara powerbank Source: Pexels

Virgin Atlantic terpaksa melakukan pendaratan darurat lantaran terjadi kebakaran di dalam kabin yang disebabkan oleh powerbank. Perjalanan tersebut seharusnya melakukan penerbangan dari Bandara JFK New York ke London Heathrow, tetapi malah mendarat di bandara Logan Boston setelah asap dan api mulai terlihat dari salah satu kursi penumpang. Dilansir dari The Verge (5/7), seluruh penumpang yang berjumlah 217 orang berhasil dievakuasi.

Api dapat dipadamkan oleh awak pesawat, dan setelah mendarat penyelidik menemukan kabel yang menonjol dari daerah yang terkena dampak. Belum jelas persis mengapa baterai terbakar, tetapi ada banyak aspek baterai lithium ion modern yang memiliki potensi terbakar. Menggunakan pengisi daya yang tidak kompatibel dapat mengarahkan arus terlalu banyak ke dalam baterai. Ia dapat berasap dan kemudian terbakar jika terlalu panas.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Peneliti temukan solusi baterai lithium yang lebih ringan

Sepeda hidrogen asal Perancis punya daya tempuh hingga 150 km

Kapal pesiar ini mengandalkan tenaga baterai


 

Sebagian besar powerbank menyertakan mekanisme keamanan untuk mematikan perangkat jika ada indikasi awal masalah, tetapi langkah-langkah awal ini dapat gagal seperti yang kita lihat pada ponsel Samsung, laptop Apple, rokok elektrik dan hampir semua hal yang bertenaga baterai.

Jika powerbank terjepit di kursi seperti yang dilaporkan oleh polisi, ia bisa saja mengalami panas dan tekanan yang tidak normal untuk menyebabkan meletup. Di AS dan Eropa, maskapai tidak mengizinkan baterai lithium ion portabel untuk dibawa di dalam bagasi. Perangkat ini dibatasi hingga maksimal 100Wh, atau hingga 160Wh oleh maskapai. Di beberapa negara, maskapai membatasi penggunaan powerbank selama penerbangan demi keamanan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: