sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
Rabu, 04 Sep 2019 17:25 WIB

Pembaruan Firefox janjikan penghematan daya untuk macOS

Pengguna Firefox yang akan sangat merasakan manfaat pembaruan ini adalah pengguna macOS atau mereka yang memakai Macbook.

Pembaruan Firefox janjikan penghematan daya untuk macOS
(Foto: Pexels)

Mozilla akan menghadirkan pembaruan untuk Firefox di macOS. Pembaruan itu dikatakan akan mengurangi konsumsi daya baterai perangkat. Pengguna yang akan sangat merasakan manfaat pembaruan ini adalah pengguna Macbook. Pasalnya mereka bisa mengharapkan masa pakai baterai yang lebih lama saat menggunakan Firefox.

Konsumsi baterai Firefox diketahui meningkat dan menjadi masalah bagi Mozilla dan Quantum, yang merupakan versi Firefox yang lebih lawas. Meski Firefox Quantum mampu meningkatkan kecepatan pemuatan halaman, pengguna Macbook masih merasa kurang nyaman. Terutama ketika mereka sedang mobile dan bergantung pada baterai notebook dalam waktu yang lama.

Sebagaimana dilaporkan di Reddit dan berbagai blog lainnya, masalah pengurasan baterai di Firefox Quantum di macOS telah membuat pengguna kesulitan saat bepergian. Meskipun mereka merasa nyaman menggunakan Firefox, terkadang mereka lebih sering bergantung pada browser lain guna menghindari pemangkasan daya baterai.

Namun menurut insinyur Mozilla Henrik Skupin, Firefox devs akhirnya membuat inovasi. Dilansir Zdnet (4/9), mereka pun yakin mampu memperbaiki konsumsi daya Firefox di macOS. Skupin mengatakan perbaikan Firefox saat ini diterapkan di Firefox Nightly, yang mampu meminimalisir penggunaan daya hingga tiga kali lipat. Perbaikan itu diharapkan meluncur dalam versi stabil pada Oktober 2019 di Firefox 70. 

Mengacu statistik Firefox, hampir 7% dari 100 juta pengguna aktif bulanan Firefox menjalankan versi macOS. Secara teknis, insinyur Mozilla berhasil mengurangi konsumsi daya Firefox dengan mengalihkan operasi rendering halaman browser ke Core Animation, rendering grafis dan mesin animasi yang dibangun untuk iOS serta macOS. Menurur sejumlah pengujian, praktik ini mengantarkan Firefox setara dengan Chrome, khususnya dalam hal penggunaan daya.

Share
back to top