Ada celah keamanan! Begini cara update Firefox

Mozilla menyatakan adanya celah keamanan di browser Firefox. Untuk itu, pihaknya meminta pengguna Firefox agar segera melakukan update.

Ada celah keamanan! Begini cara update Firefox Source: Mozilla

Mozilla meminta kepada seluruh penggunanya untuk memperbaharui versi peramban Firefox secepatnya. Hal ini terjadi lantaran browser tersebut memiliki cacat yang secara aktif dapat dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Dalam update itu, Mozilla menambahkan tambalan darurat dari celah tersebut.

Dilansir dari Ubergizmo (19/6), Mozilla bahkan memberikan pemberitahuan terkait masalah tersebut. Dalam pemberitahuan itu, dijelaskan bahwa kerentanan itu muncul ketika manipulasi objek JavaScript karena masalah di Array.pop. Ini dapat memungkinkan terjadinya crash yang bisa saja dieksploitasi untuk menyalahgunakan kelemahan ini.

Pembaharuan ini berlaku bagi mereka yang masih menggunakan Firefox versi 67.0.3 atau Firefox ESR 60.7.1. Dengan memperbarui versinya, pengguna secara otomatis akan mendapatkan tambalan untuk celah di browser itu.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengupdate aplikasi Firefox di desktop. Cara paling mudah adalah dengan mengulang kembali Firefox. Ketika Firefox kembali dibuka, maka Mozilla secara otomatis akan mengecek update.

Cara lain, dapat dilakukan secara manual. Ketuk ikon menu di kanan atas. Kemudian pilih Settings. Selanjutnya dalam kotak pencarian di sebelah kanan atas, ketik Update. Cara ini akan langsung menuntun pengguna ke pilihan update Firefox.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah update sudah dilakukan adalah dengan melihat ucapan yang diberikan Mozilla ketika Firefox kembali dibuka. Di sana akan tertulis, “Congrats! You’re using the latest version of Firefox”.

Tidak diketahui apa yang ingin dimanfaatkan oleh para peretas dari celah tersebut. Salah satu anggapan yang muncul adalah para peretas ini berusaha mencuri cryptocurrency milik pengguna Firefox.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: