sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 28 Jul 2021 09:00 WIB

Chrome akan dilengkapi fitur screenshot didukung Google Lens

Google akan membawa fitur screenshot pada Chrome versi dekstop. Ini mendapat dukungan dari Google Lens.

Chrome akan dilengkapi fitur screenshot didukung Google Lens
Credit: Google

Google dikabarkan berencana membawa fitur baru ke browser Chrome untuk desktop. Fitur baru tersebut akan menawarkan kepada pengguna sebuah alat screenshot. Fitur screenshot yang akan tiba mendapat dukungan dari Google Lens, dimana ini akan bisa meningkatkan kegunaan dari fitur tersebut.

Sampai sekarang, pengguna biasanya mengambil screenshot di desktop dengan dua cara, pertama adalah menggunakan alat screenshot bawaan Windows. Berikutnya, pengguna biasa menggunakan ekstensi khusus Chrome untuk mengambil screenshot. Sementara pada Chrome versi Android, Google baru-baru ini telah menambahkan alat screenshot di menu Bagikan. 

Screenshot pada Chrome versi Android sangat praktis karena dapat hanya menangkap apa yang ditampilkan di layar web dan membagikannya. Tapi sekarang untuk versi desktop, dikabarkan akan memiliki menu Bagikan yang diperluas oleh Google. Dilansir Gizmochina (28/7), Google akan menambahkan beberapa pilihan seperti Copy Link dan Copy Link Text dalam menu Bagikan screenshot di Chrome versi desktop.

Saat ini, fitur screenshot dan tambahan pilihan itu masih dalam pengembangan awal. Screenshot ini awalnya akan terbatas pada pengambilan gambar sederhana. Jadi seperti pada umumnya, screenshot akan disimpan ke clipboard pada desktop dan akan menawarkan pilihan seperti unduh, edit, dan berbagi. Fitur ini kemungkinan akan tiba di platform seperti Chrome OS dan Windows 10.

Secara mendasar, alat screenshot akan memiliki editor bawaan dan juga mendukung fitur Google Lens. Sedangkan cara untuk menggunakan fitur Google Lens di Chrome versi dekstop, pengguna hanya perlu mengklik kanan pada gambar, yang mana ini seperti di versi Android. Dengan penambahan di Chrome versi desktop, ini menyiratkan bahwa Google akan memperluas integrasi Lens di berbagai platform. Melalui fitur Lens, pengguna dapat dengan mudah memilih area yang akan di-screenshot. Ini akan sangat berguna di situs web yang tidak menyajikan pilihan untuk bisa diambil gambarnya.

Share
×
tekid
back to top