sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Selasa, 05 Sep 2023 08:43 WIB

Peluncuran AI generatif Ernie Bot gemparkan Tiongkok, tetapi tantangan publik

Popularitas instan Ernie Bot tidak dapat disangkal, tetapi ia menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan spesifik dan terkadang memberikan jawaban yang membuat pengguna tidak puas.

Peluncuran AI generatif Ernie Bot gemparkan Tiongkok, tetapi tantangan publik

Layanan kecerdasan buatan (AI) generatif buatan Baidu, Ernie Bot, telah melakukan debut gemilang di Tiongkok. Ini mendapatkan perhatian dan unduhan yang luar biasa. Namun, tidak semuanya berjalan mulus dalam teknologi inovatif ini.

Debut publik Ernie Bot disambut dengan respons yang luar biasa, dengan lebih dari 313.610 unduhan di Apple iOS di Tiongkok dan 2,4 juta unduhan di berbagai toko aplikasi Android pada hari pertama peluncurannya. Pengguna berbondong-bondong menguji kemampuan layanan AI ini, sehingga menghasilkan membanjirnya pertanyaan, jumlahnya mencapai 33 juta dalam 24 jam pertama.

Pemerintah Tiongkok baru-baru ini mencabut pembatasan pada beberapa layanan AI generatif, termasuk Ernie Bot, sebagai bagian dari upayanya untuk mengatur teknologi tersebut. Layanan lain yang disetujui termasuk spesialis AI SenseTime, Baichuan, yang didirikan oleh Wang Xiaochuan dari Sogou, dan Zhipu AI yang didukung negara.

Popularitas instan Ernie Bot tidak dapat disangkal, tetapi ia menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan spesifik dan terkadang memberikan jawaban yang membuat pengguna tidak puas. Dilansir dari Gizmochina (5/9), sebuah tangkapan layar percakapan dengan chatbot AI tersebut mengungkapkan contoh di mana ia gagal merespons atau memberikan jawaban yang bias.

Salah satu contoh penting adalah ketika pengguna menanyakan pendiri Baidu, Alibaba Group Holding, dan Tencent Holdings yang dapat dianggap “kapitalis.” Ernie Bot menunjuk pada pendiri Alibaba dan Tencent tetapi secara mencolok mengecualikan pendiri Baidu, Robin Li. Hal ini menimbulkan keraguan, terutama mengingat praktik bisnis serupa yang dilakukan ketiga raksasa teknologi tersebut.

Dalam pengujian lainnya, Ernie Bot kesulitan menjawab pertanyaan yang sama, menghasilkan profil panjang bergaya Wikipedia dari ketiga pengusaha tersebut dan pada dasarnya menghindari tanggapan langsung, bahkan ketika secara eksplisit diinstruksikan untuk membalas dengan “ya” atau “tidak” yang sederhana.

Meskipun ada kendala, adopsi Ernie Bot yang cepat dan banyaknya pertanyaan yang diterima menggarisbawahi keinginan pengguna di Tiongkok untuk mengeksplorasi layanan AI generatif tersebut. 33 juta pertanyaan yang diajukan pada hari debutnya membuktikan besarnya minat terhadap teknologi ini.

Persetujuan teknologi ini oleh pemerintah Tiongkok merupakan sebuah langkah maju yang signifikan, menyusul diberlakukannya peraturan komprehensif mengenai AI generatif hanya dua minggu sebelumnya. Ernie Bot, bersama dengan layanan lain yang disetujui, kini siap untuk membentuk masa depan interaksi AI di Tiongkok.

Meski demikian, tantangan yang dihadapi dalam memberikan tanggapan yang akurat dan tidak memihak menyoroti kompleksitas yang terlibat dalam pengembangan sistem AI yang dapat menavigasi topik sensitif atau bermuatan politis. Ketika Tiongkok terus menerapkan AI generatif, keseimbangan yang tepat antara inovasi dan penggunaan AI yang bertanggung jawab akan menjadi perhatian yang berkelanjutan.

Share
×
tekid
back to top