sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Kamis, 16 Mei 2024 08:59 WIB

Nvidia dan MediaTek kolaborasi kembangkan prosesor ARM untuk aplikasi AI

Dalam langkah yang mengejutkan industri teknologi, Nvidia dan MediaTek dilaporkan sedang bekerja sama untuk mengembangkan prosesor berbasis ARM.

Nvidia dan MediaTek kolaborasi kembangkan prosesor ARM untuk aplikasi AI

Dalam langkah yang mengejutkan industri teknologi, Nvidia dan MediaTek dilaporkan sedang bekerja sama untuk mengembangkan prosesor berbasis ARM yang ditujukan untuk aplikasi kecerdasan buatan (AI). Kolaborasi ini diharapkan akan membawa inovasi baru dalam dunia komputasi AI dan menantang dominasi AMD dan Intel di pasar.

Dilansir dari Tweaktown (16/5), prosesor yang sedang dikembangkan ini akan menggunakan node proses 3nm terbaru dari TSMC dan diharapkan akan bersaing dengan chipset M4 baru Apple serta Snapdragon X Elite mendatang. Dengan fokus pada konsumsi daya rendah dan arsitektur ARM yang efisien, prosesor ini diharapkan dapat menciptakan “sensasi industri” baru.

Nvidia, yang dikenal dengan GPU gaming dan AI yang kuat, akan menggabungkan keahlian mereka dengan kemampuan desain arsitektur ARM dari MediaTek. Hal ini diharapkan dapat mengurangi waktu pengembangan prosesor dan menciptakan prosesor AI PC yang hemat energi untuk desain produk yang tipis dan ringan seperti laptop baru.

Selain itu, kolaborasi ini juga akan memanfaatkan peluang besar di pasar kendaraan pintar. Kemitraan akan membawa prosesor Dimensity Auto berbasis ARM dari MediaTek bersama dengan chiplet GPU dan AI dari Nvidia, menggabungkan kekuatan portofolio otomotif masing-masing perusahaan. Ini akan memungkinkan pemanfaatan kapabilitas platform meningkat yang Nvidia tempatkan dengan aset otomotif mereka (Nvidia DRIVE).

Meskipun masih berupa rumor, industri sangat optimis tentang kolaborasi antara Nvidia dan MediaTek. Detail lebih lanjut tentang prosesor AI PC ini diharapkan akan diumumkan selama Computex 2024 dalam beberapa minggu ke depan di Taipei, Taiwan.

Dengan langkah ini, Nvidia dan MediaTek menunjukkan komitmen mereka untuk mendorong batas-batas inovasi dan membuka jalan bagi pasar AI PC yang lebih dinamis dan beragam. Pengumuman resmi yang akan datang sangat dinantikan oleh para penggemar teknologi dan analis industri.

Share
×
tekid
back to top