sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Senin, 03 Jun 2024 13:58 WIB

Nvidia dan AMD siap hadirkan fitur AI Copilot Plus Microsoft pada laptop gaming

Laptop-laptop ini akan didukung oleh GPU hingga GeForce RTX 4070 dan sistem-on-a-chip yang hemat daya dengan kemampuan PC AI Windows 11.

Nvidia dan AMD siap hadirkan fitur AI Copilot Plus Microsoft pada laptop gaming

Di tengah laju inovasi teknologi, Nvidia dan AMD telah mengumumkan kolaborasi yang akan menghadirkan fitur AI Copilot Plus dari Microsoft ke dunia laptop gaming. Dalam sebuah pengumuman yang menarik perhatian banyak pihak, Asus dan MSI akan menjadi pionir dalam meluncurkan laptop gaming yang dilengkapi dengan teknologi canggih ini.

Dikutip dari The Verge (3/6), Nvidia, salah satu pemimpin dalam industri GPU, secara singkat menggoda kehadiran "RTX AI PC" laptops dari Asus dan MSI. Laptop-laptop ini akan didukung oleh GPU hingga GeForce RTX 4070 dan sistem-on-a-chip yang hemat daya dengan kemampuan PC AI Windows 11. Namun, perusahaan juga mengisyaratkan bahwa laptop-laptop ini akan ditenagai oleh prosesor terbaru AMD Strix.

Sementara AMD belum merinci secara resmi prosesor laptop AMD Strix-nya, Nvidia menambahkan bahwa PC Copilot Plus yang pertama kali ditenagai oleh AMD mungkin tidak akan mendapatkan fitur AI terbaru dari Microsoft saat peluncuran. Namun, pengguna laptop tersebut dapat mengharapkan pembaruan gratis ke pengalaman Copilot+ PC ketika fitur tersebut tersedia.

Langkah Nvidia dan AMD ini merupakan bagian dari pertempuran yang sedang berlangsung untuk tetap relevan dalam tugas-tugas AI pada laptop. Di tengah dorongan Microsoft untuk memindahkan model AI ke NPUs, Nvidia berusaha memanfaatkan GPU-nya sebagai pilihan yang lebih kuat dalam pertempuran AI di PC. Ini juga menjadi perhatian bahwa toolkit AI RTX yang akan diluncurkan pada bulan Juni akan memberikan alat dan SDK untuk penyesuaian, optimisasi, dan implementasi model AI yang lebih efisien.

Kerja sama antara Nvidia dan Microsoft dalam mengembangkan model AI untuk Windows 11 menambah kompleksitas dari landscape ini. Ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana pengembang aplikasi akan beradaptasi dengan perubahan ini dan sejauh mana teknologi AI ini akan mengubah pengalaman pengguna dalam gaming dan komputasi.

Dengan demikian, langkah Nvidia dan AMD ini memperkenalkan era baru AI ke dunia laptop gaming, yang akan memengaruhi tidak hanya produsen perangkat keras, tetapi juga pengguna yang semakin menuntut kinerja yang lebih tinggi dan pengalaman yang lebih imersif dalam gaming dan komputasi sehari-hari.

Share
×
tekid
back to top