sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Senin, 27 Jun 2022 14:29 WIB

Microsoft hentikan dukungan Windows 8.1 pada Januari 2023

Microsoft akan menghentikan dukungan total sistem operasi Windows 8.1 mulai awal tahun 2023 mendatang. Sebelumnya, beberapa dukungan pada sistem operasi ini telah dihentikan pada 2018.

Microsoft hentikan dukungan Windows 8.1 pada Januari 2023

Pemberhentian beberapa dukungan terhadap sistem operasi Windows 8.1 telah dimulai pada awal Januari 2018 lalu oleh Microsoft. Kini, perusahaan kembali mengumumkan akan melakukan pemberhentian dukungan total pada sistem operasi Microsoft Windows ini. 

Menurut laporan yang diperoleh dari Gadgets360 (27/6), Microsoft telah mengumumkan melalui situs web bahwa perusahaan akan berhenti memberikan dukungan untuk pengguna Windows 8.1 mulai 10 Januari 2023. Ini meliputi penghentian pembaruan keamanan, dukungan teknis, dan pembaruan perangkat lunak untuk versi lama sistem operasi Windows.

Lewat pengumuman tersebut, Microsoft merekomendasikan pengguna untuk beralih ke PC baru yang mendukung sistem operasi Windows 11. Pasalnya, dengan tetap menggunakan Windows 8.1 setelah dukungan sistem berhenti dapat membuat perangkat menjadi lebih rentan.

Raksasa teknologi ini menyoroti, perangkat dengan sistem operasi Windows 8.1 akan berpotensi lebih rentan setelah dukungan dari pihak pengembang terhenti. Sehingga perangkat tersebut menjadi lebih mudah terinfeksi virus, seperti malware ataupun serangan siber lainnya. 

Microsoft mengungkap, meski dukungan untuk Windows 8.1 dihentikan, tidak berarti perangkat lunak akan berhenti bekerja. Sistem ini hanya akan berhenti menerima pembaruan keamanan dan perangkat lunak baru. 

Lebih lanjut, Microsoft 365 juga tidak lagi didukung di Windows 8.1. Sehingga berbagai aplikasi Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan lainnya akan berhenti menerima pembaruan keamanan dan perangkat lunak terbaru.

Sebagai informasi, Microsoft telah berhenti memberikan beberapa dukungan untuk perangkat lunak tersebut pada tahun 2018. Pada saat itu, sistem operasi ini masih berada dalam masa Extended Support yang berarti pihak Microsoft masih akan memberikan beberapa dukungan hingga tahun 2023. Sehingga akhir periode pemberhentian dukungan total dari sistem ini akan terjadi pada Januari 2023 mendatang. 
 

Share
×
tekid
back to top