sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
Jumat, 22 Mei 2020 09:57 WIB

Messenger beri peringatan apabila pesan berpotensi penipuan

Facebook memberikan fitur baru pada Messenger yakni pop-up berisi peringatan ketika menerima pesan yang berpotensi penipuan.

Messenger beri peringatan apabila pesan berpotensi penipuan
Source: Facebook

Facebook meluncurkan fitur baru untuk Messenger yang bertujuan untuk mempersulit para penipu dalam melakukan aksinya. Dikutip dari Engadget (22/5), fitur ini berupa pop-up berisi peringatan yang akan muncul di atas layar Messenger ketika seseorang mengirim pesan kepada pengguna dan berpotensi penipuan.

Pesan yang diidentifikasi memiliki potensi penipuan antara lain pesan mencurigakan dari orang asing, pesan dengan upaya peniruan identitas, dan pesan dari orang dewasa tidak dikenal yang menargetkan pengguna di bawah usia 18 tahun.

"Mendidik anak di bawah usia 18 tahun cukup penting, mengingatkan mereka untuk berhati-hati ketika berinteraksi dengan orang dewasa yang mungkin tidak mereka kenal dan memberdayakan mereka untuk mengambil tindakan sebelum menanggapi pesan," kata Facebook mengenai peringatan terhadap pesan yang diterima anak di bawah umur.

Jenis peringatan yang sama juga Messenger gunakan untuk membasmi penipu dengan pesan potensial lainnya. Facebook memperingatkan pengguna agar waspada terhadap klaim tentang uang, ketika mereka menerima pesan dari seseorang yang belum mereka kenal. Demikian pula, aplikasi juga akan mencari pesan yang berasal dari akun yang mungkin mencoba menyamar sebagai teman Facebook. Ketika Messenger mendeteksi hal itu kemungkinan terjadi, maka sebuah peringatan akan muncul yang memberitahukan pengguna kalau akun tersebut merupakan akun lain dengan nama yang sama.

tampilan peringatan di messenger

Peniruan akun ini telah lama menjadi musuh besar Facebook. Penipu terus-menerus mengembangkan trik mereka untuk menghindari deteksi. Facebook berupaya menghentikan pesan tersebut dengan memberikan enkripsi penuh secara default pada setiap pesan. Namun, beberapa analis mengkritik itu hanya akan memberikan visibilitas yang lebih rendah ke Facebook.

Share
back to top