sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 27 Mar 2024 13:42 WIB

Mercer : Ada 4 tren masa depan tenaga kerja di era digitalisasi

Laporan terbaru dari Mercer, yaitu "Global Talent Trends 2024," membuka tirai atas tren terkini yang membentuk landasan bagi masa depan tenaga kerja.

Mercer : Ada 4 tren masa depan tenaga kerja di era digitalisasi

Dalam era digitalisasi yang terus berkembang, dunia kerja telah mengalami transformasi revolusioner yang dipicu oleh perubahan signifikan dalam teknologi dan dinamika global. Laporan terbaru dari Mercer, yaitu "Global Talent Trends 2024", membuka tirai atas tren terkini yang membentuk landasan bagi masa depan tenaga kerja.

Hasil laporan ini berdasarkan kontribusi dari lebih dari 12.200 suara, dengan melibatkan 845 eksekutif C-Suite, 1.920 pemimpin HR, 9.449 karyawan, dan 84 investor dari 17 geografi dan 16 industri yang berbeda. Salah satu sorotan utamanya adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) generatif, yang telah menjadi fokus perusahaan-perusahaan dalam mengoptimalkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan.

Dalam Media Briefing yang diadakan Mercer di WTC 3 pada (27/3), pertumbuhan pesat dalam kemampuan AI generatif telah memunculkan harapan baru untuk peningkatan produktivitas dan pertumbuhan finansial. Lebih dari setengah eksekutif (54%) menyatakan bahwa keberlangsungan perusahaan tidak dapat dipertahankan tanpa bantuan AI. Ini menegaskan pentingnya adaptasi perusahaan terhadap cara kerja yang baru untuk memanfaatkan potensi AI Generatif secara optimal.

Namun, tantangan juga muncul seiring dengan perubahan ini. Kurang dari setengah eksekutif percaya bahwa model talenta yang dimiliki saat ini dapat memenuhi kebutuhan organisasi mereka di tahun 2024. Biaya tenaga kerja yang meningkat, perubahan model kerja, dan kurangnya keterampilan menjadi tantangan utama yang dihadapi perusahaan.

Selain itu, laporan ini menyoroti pentingnya kepercayaan dalam kesuksesan karyawan. Karyawan yang mempercayai perusahaan tempat mereka bekerja cenderung memiliki tingkat kepuasan yang tinggi dan risiko kelelahan yang rendah. Oleh karena itu, membangun budaya organisasi yang didasarkan pada kepercayaan dan kesetaraan menjadi kunci dalam menjaga produktivitas dan kesejahteraan karyawan.

Berikut identifikasi 4 tren utama yang membentuk agenda sumber daya manusia pada tahun 2024 seperti dikutip dari laporan Mercer:

Tren 1: Mendorong produktivitas yang berpusat pada manusia 

Tantangan utama dari produktivitas adalah terlalu banyak pekerjaan yang menyebabkan sibuk, tidak cukup waktu untuk berpikir, dan struktur organisasi yang tidak efisien. Mengatasi persamaan produktivitas dapat dilakukan dengan AI Generatif untuk membantu meningkatkan produktivitas, mendesain ulang pekerjaan, dan melatih sumber daya manusia berbasis keterampilan.

Tren 2: Mengedepankan kepercayaan dan kesetaraan 

Kepercayaan merupakan faktor terpenting dalam kesuksesan karyawan, dan sangat penting di masa yang tidak pasti seperti saat ini. Karyawan yang mempercayai perusahaan tempat mereka bekerja memiliki rasa puas yang tinggi dan risiko kelelahan yang rendah.

Tren 3: Meningkatkan daya tahan perusahaan

Kesehatan perusahaan dapat dinilai dari cara mengatasi masalah terhadap kesehatan, risiko, dan kesejahteraan karyawan. Penting untuk membangun budaya perusahaan yang tangguh dengan tim yang sadar akan risiko dan kesehatan.

Tren 4: Mengembangkan budaya berbasis digital-first 

Menumbuhkan kerja sama antara manusia dan mesin memerlukan peran HR untuk memimpin transformasi karena sebanyak 67% organisasi telah mengadopsi teknologi baru tanpa melakukan perubahan pada cara mereka bekerja.

Dengan memahami 4 tren utama dari laporan Global Talent Trends 2024 dan langkah-langkah yang perlu dilakukan, akan membantu perusahaan untuk membangun praktik SDM yang lebih tangkas dan berkelanjutan serta akan memungkinkan bisnis, tenaga kerja, dan masyarakat berkembang dalam beberapa tahun mendatang.

Mercer adalah perusahaan global yang berfokus pada membangun masa depan yang lebih cerah melalui definisi kembali dunia kerja, manajemen dana pensiun dan investasi, serta peningkatan kesehatan dan kesejahteraan. Dengan kehadiran di lebih dari 130 negara dan staf berjumlah 25.000 orang di 43 negara, Mercer adalah salah satu pemimpin dalam layanan profesional di bidang risiko, strategi, dan SDM.

Share
×
tekid
back to top