sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Kamis, 09 Nov 2023 06:52 WIB

Mengenal teknologi surround Dolby Pro Logic, Pro Logic IIz, dan versi lainnya

Dolby Pro Logic memungkinkan home theater menciptakan suara surround dari sumber suara stereo untuk pengalaman lebih imersif.

Mengenal teknologi surround Dolby Pro Logic, Pro Logic IIz, dan versi lainnya

Demi merasakan sensasi layaknya menonton di bioskop, biasanya para pecinta film akan memasang home theater di rumahnya. Beberapa komponen home theater yang diperlukan adalah sejumlah speaker dan AV receiver. Untuk AV receiver, komponen ini memiliki format suara surround seperti Dolby True HD dan DTS Master Audio.

Di sisi lain, Dolby masih memiliki aneka format surround yang telah digunakan selama beberapa tahun dan mungkin hingga kini masih hadir di AV receiver, yaitu Dolby Pro Logic. Dilansir dari All Home Cinema, Dolby Pro Logic adalah teknologi pemrosesan audio dari Dolby Laboratories yang memungkinkan untuk mengekstrak audio multi-channel dari sumber stereo atau sumber dengan soundtrack Dolby Surround.

Oleh karena itu, teknologi tersebut terutama ditemukan pada AV receiver dan sistem home theater all-in-one, karena sinyal audio yang masuk dapat diubah menjadi sinyal surround multi-channel. Sinyal untuk speaker surround disaring dari sinyal stereo atau Dolby Surround, tanpa menambahkan elemen tambahan. Berikut adalah penjelasan format Dolby Digital yang mengekstrak dari hanya dua channel:

Dolby Pro Logic

Dolby Pro Logic adalah versi pertama yang dikembangkan oleh Dolby dan memungkinkan untuk mengekstrak sinyal surround 4.0 channel dari sumber stereo atau sumber dengan soundtrack Dolby Surround. 4 channel tersebut adalah dua speaker stereo di depan, speaker tengah, dan saluran mono untuk speaker di belakang. Ini sudah merupakan langkah besar pada saat diperkenalkan, tetapi sekarang kita dapat mengharapkan setidaknya suara surround 5.1 channel.

Dolby Pro Logic II

Format ini diperkenalkan untuk suara surround 5.1 channel. Ini adalah versi Dolby Pro Logic awal yang disempurnakan sehingga memungkinkan suara surround 5.1 channel diperoleh dari sumber stereo berkualitas tinggi atau sumber dengan Dolby Surround. Misalnya dua speaker di depan, satu speaker tengah, dua speaker di belakang, dan satu subwoofer bisa dibekali sinyal tersendiri.

Dolby Pro Logic IIx

Meskipun suara surround 5.1 channel lebih dari cukup bagi kebanyakan orang, semakin banyak sistem home theater yang dilengkapi dengan 7 speaker dan subwoofer. Intinya, memiliki sistem speaker 7.1 channel. Dolby kini juga merespons hal ini dengan Logic IIx. Teknik ini memungkinkan untuk mengkonversi sinyal stereo, sumber dengan Dolby Surround atau sumber dengan suara surround Dolby Digital 5.1 menjadi suara surround 6.1 atau 7.1 channel.

Dolby Pro Logic IIz

Teknologi Dolby Pro Logic terbaru adalah Dolby Pro Logic IIz. Ini memungkinkan untuk menambahkan apa yang disebut channel tinggi atau lebar ke sistem home theater. Pro Logic IIz mengirimkan informasi surround tambahan ke dua speaker efek yang ditempatkan di atas dua speaker yang terletak di depan.

Misalnya, sistem 5.1 channel dapat diperluas ke sistem 7.1 channel dan sistem 7.1 channel dapat diperluas ke sistem 9.1 channel. Channel tambahan ini terutama dimaksudkan untuk mengintensifkan dampak lingkungan seperti angin dan hujan. Prinsip tekniknya tetap sama; informasi diambil dari sumber stereo standar, 5.1 channel, atau 7.1 channel.

Share
×
tekid
back to top