sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Selasa, 13 Des 2022 17:54 WIB

Mencoba performa ASUS TUF Gaming F15 (FX507)

ASUS memiliki jajaran laptop gaming TUF Gaming yang sangat dikenal sebagai Most Advanced Entry Level Gaming Laptop. Ini hadir dengan prosesor Intel Core Gen-12, GPU bertenaga, dan sistem pendinginan kelas atas.

Mencoba performa ASUS TUF Gaming F15 (FX507)

ASUS adalah salah satu perusahaan yang menawarkan laptop gaming berkualitas. Bukan Cuma satu, tetapi perusahaan asal Taiwan ini memiliki sejumlah jajaran yang masuk ke dalam segmen gaming. Salah satu jajaran laptop gaming yang ditawarkan ASUS adalah TUF Gaming.

Laptop TUF Gaming terbaru dari ASUS adalah F15 (FX507) yang dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-12700H 2,3 GHz. CPU generasi ke-12 dari Intel ini sudah dibekali dengan berbagai fitur terkini untuk menunjang berbagai aktivitas selain bermain gim, seperti Intel QuickSync yang dapat mengakselerasi proses encoding video, hingga Intel Thread Director yang dapat mengatur kerja CPU secara pintar sehingga menjadi lebih efisien.

Dari sisi grafis, ASUS TUF Gaming F15 (FX507) diperkuat dengan GPU Nvidia GeForce RTX 30 Series, tepatnya hingga Nvidia GeForce RTX 3070. Dengan TGP (total graphic power) yang lebih ditingkatkan dibandingkan dengan generasi sebelumnya serta dukungan sistem pendingin yang lebih baik.

Laptop gaming tersebut dilengkapi dengan memori DDR5 berkecepatan 4.800 MHz yang menawarkan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan kompetitor di kelasnya yang masih menggunakan memori DDR4 3200 MHz. Kecepatan memori sangat berpengaruh dalam aktivitas gaming, menghadirkan frame rate minimal yang lebih baik dalam gim.

TUF Gaming F15 (FX507) menggunakan sistem pendingin khusus yang dilengkapi lima heatpipe tembaga yang tidak hanya mendinginkan CPU dan GPU, tetapi juga komponen penting lainnya seperti Voltage Regulator Module (VRM). Sistem pendingin laptop gaming ini juga ditenagai dua kipas bertenaga 12 volt serta memiliki empat jalur pembuangan udara panas sehingga proses pendinginan dapat bekerja optimal.

Ada pula fitur bernama MUX Switch yang memungkinkan laptop gaming tersebut untuk mematikan secara penuh fungsi chip grafis terintegrasi (iGPU) sehingga pemrosesan grafis sepenuhnya dapat dikerjakan oleh chip grafis diskrit (dGPU) yang lebih bertenaga. Gamer juga memiliki kebebasan untuk menggunakan seluruh fitur dan potensi laptop gamingnya melalui MUX Switch.

Pada kesempatan kali ini, ASUS TUF Gaming F15 (FX507) telah diuji coba menggunakan benchmark dan dibandingkan dengan kompetitornya yang sekelas. Baik laptop ASUS TUF Gaming F15 (FX507) dan kompetitornya yang menjalankan benchmark sama-sama ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-12700H dan GPU Nvidia GeForce RTX 3050 dengan VRAM 4 GB.

Benchmark pertama yang dijalankan adalah 3DMark Time Spy. Pada benchmark ini, ASUS TUF Gaming F15 (FX507) berhasil meraih skor keseluruhan sebanyak 5940 poin. Sedangkan skor Graphics mendapatkan nilai 5410 poin dan skor CPU memiliki nilai 13365 poin. Di sisi lain, kompetitornya memiliki nilai 5619 poin untuk 3DMark Time Spy. Ini untuk skor Graphics dan skor CPU masing-masing mencatatkan nilai 5280 poin dan 8840 poin.

Selanjutnya kedua laptop tersebut menjalankan benchmark Final Fantasy XV. Di sini, ASUS TUF Gaming F15 (FX507) mendapatkan nilai sebanyak 5270 poin sehingga menampilkan performa ‘Fairy High’. Sementara itu, sang kompetitor mampu menyodorkan nilai 4668 poin (Fairy High) pada percobaan yang sama.

Dari sisi perangkat lunak, ASUS TUF Gaming F15 (FX507) dibekali dengan Armoury Crate. Ini adalah aplikasi khusus untuk mengontrol semua fitur dan performanya. Armoury Crate menawarkan kebebasan kepada para gamer untuk mengatur performa dan fitur yang ada di TUF Gaming F15 (FX507).

ASUS membekali TUF Gaming F15 dengan sertifikasi standar militer MIL STD-810H. Artinya, TUF Gaming F15 (FX507) secara keseluruhan dirancang sangat tangguh dan memiliki durabilitas yang lebih baik. Melalui pengujian tersebut, TUF Gaming F15 (FX507) berhasil lolos pada berbagai uji ketahanan ekstrem mulai dari drop test, humidity test, shake test, hingga uji operasional di suhu ekstrem.

Share
×
tekid
back to top